Jadi selama periode 3 bulan sejak kick off kemarin sampai 10 Mei nanti 8 kabupaten/kota harus menyelenggarakan event serupa yaitu event Gernas BBI dan BBWI tingkat kabupaten kota minimal satu acara intinya
Serang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten menindaklanjuti kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di tingkat kabupaten/kota setelah peresmian dimulainya gerakan tersebut pada 10 Februari 2023. 

"Hari ini kami kirimkan surat ke kabupaten/kota agar menggelatkan kegiatan serupa, sekaligus kan pelaksanaan teknisnya ada daerah," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Al Hamidi di Serang, Selasa.

Ia mengatakan keberhasilan kegiatan tersebut baru akan diketahui setelah 10 Mei 2023 mendatang atau sekitar 3 bulan ke depan.

Al Hamidi mengatakan kesuksesan penyelenggaraan Gernas BBI dan BBWI masih harus dibuktikan dengan tingkat transaksi produk buatan dalam negeri yang terjual serta jumlah wisatawan yang berhasil didatangkan melalui penyelenggaraan acara-acara tersebut selama 3 bulan ke depan oleh pemerintah kabupaten/kota se-Banten.

Baca juga: Menko Luhut resmikan dimulainya Gernas Bangga Buatan Indonesia 2023

“Jadi selama periode 3 bulan sejak kick off kemarin sampai 10 Mei nanti 8 kabupaten/kota harus menyelenggarakan event serupa yaitu event Gernas BBI dan BBWI tingkat kabupaten kota minimal satu acara intinya,” kata Al Hamidi.

Diterangkan Al Hamidi, Gernas BBI dan BBWI yang akan digelar di seluruh Indonesia merupakan gerakan yang digagas dan didukung oleh pemerintah pusat dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat berbasis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), ekonomi kreatif dan pariwisata lokal di daerah masing-masing.

“Jadi nanti dihitung oleh pemerintah pusat capaian-capaiannya dan akan ada award-nya untuk daerah-daerah yang terbukti dapat meningkatkan perekonomian masyarakatnya melalui Gernas BBI dan BBWI itu. Kalau tidak salah, sekitar Desember award-nya,” kata Al Hamidi.

Sebelumnya dalam sambutannya pada acara kick off Gernas BBI dan BBWI di Banten, Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan mengajak semua pihak mendukung bupati/wali kota, dan gubernur bersama-sama melaksanakan program Gernas BBI dan BBWI.

Baca juga: Menko Luhut resmikan dimulainya Gernas Bangga Buatan Indonesia 2023
Baca juga: Luhut: Gernas BBI tingkatkan belanja produk dalam negeri



 

Pewarta: Mulyana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023