Makassar menerima banyak permintaan dokter spesialis ke daerah lain.
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar H Ramdhan Pomanto mengatakan, pihaknya segera mengupayakan terdapat tiga fasilitas kesehatan (faskes) di tiga pulau dari 11 pulau yang ada di wilayah Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Di pulau itu hanya ada satu puskesmas dan puskesmas pulau namanya, ada di Pulau Kodingareng, kami akan tambah itu," kata Ramdhan di sela penyerahan bantuan kepada warga yang terdampak banjir di Makassar, Selasa.

Dia mengatakan, untuk menambah faskes di dua pulau lainnya, maka akan ada pemekaran kelurahan dulu, sehingga kelak positioningnya bisa tepat, sehingga paling tidak ada tiga pulau yang merangkul pulau-pulau di sekitarnya dalam pemberian layanan kesehatan.

"Jadi paling tidak ada di Pulau Kodingareng, kemudian Pulau Barrang Caddi dan Barrang Lompo, tiga pulau itu. Insya Allah kalau pemerataan layanan kesehatan sih pasti kami usahakan," ujarnya pula.

Mengenai pemerataan dokter spesialis, ia mengakui, saat ini Makassar menerima banyak permintaan dokter spesialis ke daerah lain.

Hanya saja, kata dia lagi, permintaan tersebut tidak serta-merta dapat dipenuhi, karena ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi di antaranya harus ada sarana rumah sakitnya.

"Kalau dokter spesialis saya kira di Makassar sekarang banyak permintaan, tidak boleh dokter spesialis kalau tidak ada rumah sakitnya. Banyak permintaan di RS Daya ini akan disebar," katanya lagi.

Berdasarkan data Dinkes Sulsel diketahui total dokter per faskes tercatat 333 orang dokter laki-laki, dan dokter perempuan 853 orang yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

Sedangkan yang berstatus non PNS tercatat 209 dokter laki-laki, dan 348 orang dokter perempuan. Sebagian besar berada di Kota Makassar sebagai Ibu kota Provinsi Sulsel.

Berkaitan dengan hal tersebut, ke depan dengan kebijakan baru Kemenkes diharapkan dokter dan dokter spesialis tidak menumpuk di ibu kota suatu provinsi, sehingga terjadi pemerataan tenaga medis.
Baca juga: Menkes hadiri peletakan batu pertama pembangunan RS Vertikal Makassar
Baca juga: Dinkes Makassar beri pelayanan kesehatan kepada 66 warga korban banjir

 
Wali Kota Makassar H Ramdhan Pomanto saat melakukan pemberian bantuan kepada warga yang terdampak banjir di Makassar, Sulsel, Selasa (14/2/2023). ANTARA/Suriani Mappong.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023