Jakarta (ANTARA) -
Beragam berita perkotaan pada Selasa (13/2) yang masih layak dan menarik untuk dibaca pada hari ini mulai dari Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta jajarannya untuk mengutamakan kualitas layanan dasar dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 hingga pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) agar lalu lintas lancar.
 
Berikut rangkuman:
 
1. Heru minta jajaran utamakan kualitas layanan dasar RKPD 2024
 
Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meminta jajarannya mengutamakan peningkatan kualitas layanan dasar dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2024 untuk mendukung program prioritas termasuk nol persen kemiskinan ekstrem.
 
"Pastikan semua usulan anggaran yang dialokasikan untuk belanja daerah memberikan manfaat bagi masyarakat banyak," kata Heru dalam Forum Konsultasi Publik RKPD 2024 di Balai Kota Jakarta, Selasa.
Baca selengkapnya di sini
 
2. Pomdam-Propam Polda Metro Jaya akan razia kendaraan dinas TNI-Polri

Jakarta (ANTARA) - Polisi Militer Kodam (Pomdam) Jaya bersama Profesi dan Pengamanan (Propam) Polda Metro Jaya berencana secara rutin melakukan razia kendaraan bermotor untuk menertibkan penggunaan pelat dinas TNI dan Polri, khususnya pelat rahasia.

"Razia kendaraan dinas TNI akan terus dilakukan. Bahkan, bersama Polda Metro Jaya akan melakukan penertiban pelat rahasia. Jadi, kita sama-sama," kata Komandan Pomdam Jaya Kolonel Cpm Irsyad Hamdie Bey ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
Baca selengkapnya di sini
 
3. Satpol PP DKI sisir atribut parpol tak dilengkapi izin

Jakarta (ANTARA) - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI menyisir atribut partai politik (parpol) seperti bendera yang tidak dilengkapi izin yang terpasang di sejumlah ruang publik di Ibu Kota.

“Kami nanti bersama Bawaslu dan KPU bersama-sama tertibkan, apakah ada yang sudah berizin atau belum,” kata Kepala Satpol PP DKI Arifin di Balai Kota Jakarta, Selasa.
Baca selengkapnya di sini
 
4. Dishub DKI manfaatkan kecerdasan buatan agar lalu lintas lancar
 
Jakarta (ANTARA) - Dinas Perhubungan DKI Jakarta memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk memantau lampu lalu lintas (traffic light) agar lalu lintas lebih lancar di sejumlah ruas jalan di Ibu Kota.

“Ini akan kami terapkan untuk optimalisasi lampu lalu lintas,” kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta, Selasa.
Baca selengkapnya di sini
 
5. Narapidana dan tahanan di DKI jalani perekaman KTP-el
 
Jakarta (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Jakarta menyebutkan narapidana dan tahanan di lembaga pemasyarakatan dan rumah tahanan di Ibu Kota menjalani pemadanan data dan perekaman Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) untuk data pemilih Pemilu 2024.

“Sebagai syarat narapidana dan tahanan untuk menjadi peserta pemilih pada Pemilu 2024,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM DKI Ibnu Chuldun di Balai Kota Jakarta, Selasa.
Baca selengkapnya di sini

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023