Jakarta (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) telah menggelar seleksi pemilihan Duta Generasi Berencana (GenRe) Tahun 2023 bagi seluruh remaja di Indonesia.

“Seleksi ini ditujukan untuk meningkatkan ketahanan dan kualitas serta menyiapkan masa depan generasi muda Indonesia,” kata Kepala Perwakilan BKKBN DIY Shodiqin dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Ia menuturkan usia remaja yang mengikuti seleksi Duta GenRe berkisar 16 hingga 22 tahun. Dalam seleksi yang diadakan di Daerah Istimewa Yogyakarta, tercatat 107 remaja putra dan putri ikut mendaftar seleksi yang dibuka sejak Januari lalu.

Pada Selasa (14/2), bertempat di Aula Ruang Kencana Perwakilan BKKBN DIY, para peserta harus melewati tiga tahapan seleksi. Tahap pertama, BKKBN menilai peserta dengan memperhatikan kemampuan berbicara kepada publik.

Selanjutnya, pada seleksi tahap dua, komitmen dan penguasaan materi Program GenRe akan diuji oleh BKKBN guna mengetahui sejauh mana peserta memahami pentingnya mengajak remaja Indonesia untuk hidup cerdas, sehat, dan produktif.

Pada tahap terakhir, BKKBN akan menguji setiap bakat yang dimiliki peserta. Adapun sejumlah bakat yang diketahui telah dibawakan peserta adalah seni karawitan, olah vokal, seni tari, dan sebagainya.

Menurut Shodiqin, bakat-bakat tersebut tentunya berguna bagi mereka dalam membaur dan merangkul teman sebayanya.

Baca juga: Cegah stunting di Batam, BKKBN kukuhkan duta genre

Dalam kesempatan itu, dirinya berharap, semua Duta GenRe bisa menjadi remaja yang mendedikasikan waktu dan upayanya, di sela-sela masa muda untuk memainkan peran sebagai garda utama sebagai sumber informasi dan tempat bercerita bagi teman sebayanya.

“Sebagaimana yang kita tahu bahwa teman sebaya menjadi tempat paling banyak dipilih remaja sebagai sumber informasi, tempat curhat dan diskusi,” kata dia.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Utara Renta Rego berharap, Duta GenRe bisa terus terlibat dan menyosialisasikan segala hal penting dalam edukasi kesehatan reproduksi remaja.

Ia menyebut total remaja yang mengikuti seleksi dibuka sejak Januari 2023 ada 78 orang.

Para peserta diberikan waktu satu bulan untuk melakukan aksi nyata di lingkungan mereka masing-masing yang nantinya dipertanggungjawabkan pada salah satu sub-seleksi substantif yakni Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE).

Dalam masa seleksi administrasi dan substantif di Maluku Utara, diketahui sudah terpilih lima finalis putra dan lima finalis putri untuk mewakili remaja Provinsi Maluku Utara.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung Duta GenRe dalam membuat perubahan dengan menyebarluaskan informasi tentang penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja. Putra-putri terbaik inilah yang akan menjadikan Maluku Utara lebih maju dan berdaya saing tinggi,” ujar Renta.

Baca juga: Duta genre Kudus diharapkan jadi contoh positif generasi muda
Baca juga: BKKBN kukuhkan Ketua Tim PKK Jateng jadi Bunda Genre dan Duta Stunting
Baca juga: Putra-putri Kendari wakili Sultra pemilihan Duta Genre nasional


Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2023