Jakarta (ANTARA) -
Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar memanen melon di Green House Pondok Pesantren Ulul Ilmi, Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Rabu.

Ada tiga jenis melon yang dipanen di lahan seluas 500 meter persegi (m2) itu, yakni Tazmahal, Kingshow dan Golden Luna dengan jumlah mencapai 58 buah atau sekitar 52 kilogram (kg).
 
Menurut dia, langkah Pondok Pesantren Ulul Ilmi menanam pohon melon dapat diikuti pondok pesantren (ponpes) lainnya. Anwar mempersilakan ponpes lainnya bersurat untuk mendapat bantuan penghijauan dan pertanian dari Pemerintah Administrasi Jakarta Timur (Jaktim).
 
"Kami juga akan membimbing. Silakan bersurat, kami akan bantu cara menanam dan merawat hingga panen dan mendapatkan bantuan 'Corporate Social Responsibility' (CSR)," katanya. 

Baca juga: Kelurahan Munjul diwacanakan jadi destinasi agrowisata
Baca juga: Balai Penyuluh Pertanian Ujung Menteng panen raya 90 kilogram sayur

Dia mengatakan, panen buah melon atas kerja sama dengan Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Timur itu sangat baik karena dapat mengedukasi para santri.

"Ini adalah hal yang sangat baik lahan kosong dimanfaatkan dan dijadikan tempat edukasi oleh para santri untuk bercocok tanam," katanya dalam keterangan tertulisnya.

Selain itu, hal tersebut juga bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar karena setiap hasil panennya dibagikan kepada warga. "Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan pengurus Pondok Pesantren Ulul Ilmi," ujarnya.

Pihaknya akan mencarikan lahan tidur atau lahan kosong untuk bisa ditata menjadi lahan penghijauan yang bisa bermanfaat.
 
Hadir juga dalam kegiatan itu, Kepala Dinas KPKP Provinsi DKI Jakarta Suharini Eliawati, Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Timur Ali Nurdin dan Camat Cipayung Panangaran Ritonga.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023