Jakarta (ANTARA) - Pencernaan yang sehat dan lancar buang air besar (BAB) adalah hal penting bagi kesehatan anak. Sebab saat anak sembelit atau susah BAB, anak dapat mengalami beberapa kondisi seperti nyeri perut, kesulitan bernafas, gangguan konsentrasi, hingga gangguan pada tumbuh kembang.

Sembelit pada anak biasanya disebabkan karena kurangnya asupan air, serat, atau keduanya. Penyebab lainnya adalah kebiasaan menahan BAB, infeksi saluran pencernaan, mengonsumsi obat-obatan, hingga masalah yang berhubungan dengan psikologis seperti stres dan trauma karena BAB terasa nyeri.

Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu melancarkan pencernaan anak dan mengatasi permasalahan susah BAB, sebagaimana tertulis dalam keterangan pers Fruit 18 Jr yang diterima ANTARA di Jakarta, Kamis.

Cukupi asupan air

Memberikan anak asupan air yang cukup dapat membantu menjaga pencernaan tetap lancar. Orangtua dapat memberikan anak minuman seperti air putih, jus buah, atau teh yang tidak terlalu manis.

Cukupi asupan serat

Memberikan anak asupan serat yang cukup dapat membantu menjaga pencernaan tetap lancar. Orangtua dapat memberikan anak makanan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Serat dalam buah terbukti baik bagi pencernaan karena dapat meningkatkan berat dan ukuran kotoran kemudian melembutkannya, sehingga mudah untuk dikeluarkan.

Baca juga: Cegah sembelit anak dengan pahami tanda anak takut buang air besar

Beri obat pencahar jika diperlukan

Jika susah BAB anak terjadi berkepanjangan dan tidak teratasi dengan cara diatas, orangtua dapat memberikan obat pencahar yang dianjurkan oleh dokter.

Beri suplemen jika diperlukan

Jika anak susah BAB karena sulit mengonsumsi buah dan serat, orangtua dapat memberikan suplemen seperti Fruit 18 Jr.

Suplemen tersebut diproduksi dengan menggunakan teknologi tinggi Freeze Drying (beku kering), di mana kadar air pada buah-buahan yang terkandung di dalam Fruit 18 Jr diserap pada suhu dingin yakni -40 derajat celcius.

Sehingga, kandungan phytonutrient, vitamin dan mineralnya tidak rusak dan tetap utuh seperti mengonsumsi buah asli. Suplemen tersebut juga tidak mengandung zat pengawet dan pemanis, serta aman dikonsumsi jangka panjang.

Fruit 18 Jr cocok dikonsumsi oleh anak usia 1-12 tahun dan cukup satu kapsul per hari yang dikonsumsi setiap pagi.

Bagi anak yang belum bisa menelan kapsul, Fruit 18 Jr dapat diberikan dengan cara membuka kapsul, kemudian isinya dicampurkan dengan makanan atau minuman yang disukai anak. Tak perlu khawatir, Fruit 18 Jr tidak akan mengubah rasa makanan atau minuman.

Fruit 18 Jr tersedia di apotek di seluruh Indonesia atau Apotek Kimia Farma, Apotek Century, Apotek Viva Health, Apotek Roxy, K24, DanDan, Guardian, dan apotek atau toko obat terdekat, serta tersedia juga secara online di Shopee dan Tokopedia.

Baca juga: Diabetes pada anak dan jajanan kaya kadar gula di sekitarnya

Baca juga: Jangan salah, stunting bisa diderita anak dari berbagai level ekonomi

Baca juga: Pergizi Pangan: Protein hewani penting untuk pertumbuhan optimal anak

Pewarta: Suci Nurhaliza
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2023