Surabaya (ANTARA) - RJ Amartha Hangtuah Jakarta menang tipis saat melakoni laga sengit melawan West Bandits Solo dengan kedudukan 87-84 dalam seri ketiga Liga Basket Indonesia, di DBL Arena Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

Pelatih RJ Amartha Hangtuah Jakarta Antonius Ferry Rinaldo mengatakan, kemenangan timnya disebabkan para pemainnya mampu mengontrol tempo hingga akhir pertandingan.

"Pertandingan hari ini menguras tenaga, tensinya tinggi dan Alhamdulillah bisa menang. kita bisa kontrol timnya. Kalau enggak gitu momentum kami lewat. Pemain bisa jalankan startegi dengan baik," kata Antonius seusai pertandingan.

Selain itu, masing-masing pemain yang dibawanya hari ini dirasa sudah bermain maksimal, termasuk Daniel Kelly Purwanto dan Daniel Wenas.

Meski kedua pemain senior itu tak bermain, namun keberadaan mereka mampu meningkatkan rasa percaya dari bagi seluruh pemain RJ Amartha Hangtuah.

"Walaupun kami bermain dengan sembilan orang karena saya melihat kontribusi mereka masih bagus. Di bangku pemain, semua juga mendukung, seperti Wennas dan Kelly," ujarnya.

Meski begitu, kemenangan timnya juga tak lepas dari evaluasi, sebab pada kuarter keempat West Bandits Solo nyaris mengejar ketertinggalan poin.

Baca juga: Bali United menang dramatis atas West Bandits Solo 77-73

"Saat tim lawan melakukan time out, kami sempat unggul sekitar sembilan poin dan saya meminta pemain agar hati-hati. Kita juga kurang disiplin saat bertahan," ucapnya.

Sementara, Pelatih West Bandits Solo Nedas Pacevicius menyebut kekalahan timnya dikarenakan lemahnya penjagaan pada pemain lawan.

Kendati demikian, para pemainnya sudah berjuang maksimal pada laga tersebut.

"Saya mengatakan kepada pemain pertahanan merupakan hal penting untuk membuat kemenangan. Saya tetap percaya pada pemain kami, termasuk pemain asing kami," ujar Nedas.

Di sisi lain, pemain RJ Amartha Hangtuah Ronnie Lee Boyce III disebutnya mampu tampil bagus. Hal itu membuat timnya kerepotan menghadapi serangan lawan.

Baca juga: Bima Perkasa menang meyakinkan atas RJ Amartah Hangtuah 84-67

"Ronnie bermain bagus, dia bisa menyulitkan pertahanan kami. Dia beberapa kali mampu menerobos (pertahanan) kami juga," ucapnya.

Pada kuarter pertama West Bandits Solo maupun RJ Amartha Hangtuah Jakarta berjalan ketat, kedua tim saling mengejar perolehan poin. Kuarter tersebut ditutup untuk keunggulan RJ Amartha Hangtuah dengan skor 20-19.

Kuarter kedua berjalan ketat. West Bandits Solo berbalik memimpin pada awal kuarter tersebut dengan kedudukan 30-25. Namun RJ Amartha Hangtuah melakukan balasan, mereka berbalik unggul 45-41 usai Ronnie Lee Boyce III mencetak tripoin, sekaligus menutup jalannya kuarter tersebut,

Kuarter ketiga, RJ Amartha Hangtuah kembali mendikte jalannya pertandingan. Pada pertengahan kuarter tersebut anak asuh Antonius Ferry Rinaldo mampu memimpin perolehan poin atas West Bandits Solo 56-47.

Kuarter ketiga menjadi milik RJ Amartha Hangtuah yang unggul 66-57 atas lawannya.

Kuarter keempat berjalan ketat, West Bandits Solo mampu menipiskan ketertinggalan poin dari RJ Amartha Hangtuah menjadi 78-76.

Menjelang akhir pertandingan pertarungan kedua semakin sengit. RJ Amartha Hangtuah Jakarta berhasil mengamankan kemenangan usai mencetak 87 poin atau selisi tiga poin dari West Bandits Solo dengan 84 poin.

Pemain RJ Amartha Hangtuah Jakarta Ronnie Lee Boyce III mencetak 28 poin pada pertandingan itu. Sedangkan Pemain West Bandits Solo Prince Targbe Williams menorehkan 21 poin.

Baca juga: Dewa United kandaskan perlawanan RANS PIK 77-60
Baca juga: Bumi Borneo menangi laga ketat lawan Indonesia Patriots 68-60
Baca juga: Pelita Jaya Bakrie susah payah atasi Mountain Gold Timika 84-79

Pewarta: Abdul Hakim/Ananto Pradana
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023