Jakarta (ANTARA) - West Bandits Solo resmi berpisah dengan pelatih kepala Nedas Pacevicius yang akan bergabung dengan klub basket di negara asalnya Lithuania.

Selain Nedas Pacevicius, klub basket asal Solo tersebut juga tak lagi memperpanjang kontrak Tomas Minius yang menjabat sebagai strenght and condition coach. Mengutip siaran tertulis di laman resmi IBL, sampai sekarang belum ada pengumuman lebih lanjut dari West Bandits terkait penggantian pelatihnya tersebut.

Coach Nedas menjadi pelatih asal Lithuania kedua yang berkiprah di IBL, setelah Giedrius Zibenas. Sayangnya coach Nedas tidak mampu mengikuti jejak sukses coach Gibbi, yang pernah menjadi juara IBL bersama Stapac di musim 2018-2019, lalu melanjutkan karier kepelatihannya bersama Prawira Bandung di musim 2020.

Coach Nedas memang terbilang muda dan butuh jam terbang lebih banyak lagi. West Bandits awalnya berharap banyak dari coach Nedas yang menggantikan coach Raoul Miguel Hadinoto. Tetapi dia tampak mengalami kesulitan di pertengahan musim.

West Bandits sempat mengalami enam kekalahan beruntun di pertengahan musim IBL Tokopedia 2023, tepatnya sejak 30 Januari hingga 18 Februari 2023. Persentase kemenangan West Bandits hanya 44 persen dengan hanya mendapat delapan kemenangan dari total 18 gim sampai seri kelima di Semarang. Meskipun, West Bandits menyapu bersih seluruh gim dengan kemenangan di kampung halamannya yakni IBL Seri 4 Solo.

Posisi West Bandits Solo saat ini juga jauh dari zona playoff, karena mereka berada di peringkat ke-11 dari 16 kontestan. Keputusan yang diambil manajemen West Bandits dipilih untuk membuat tim asal Solo itu kembali ke jalur kemenangan.

Coach Nedas sendiri sudah mendapatkan pelabuhan baru dengan kembali ke Lithuania dan bergabung bersama klub basket BC Wolves.

BC Wolves merupakan klub yang berkiprah di Lithuania Basketball League dan baru berdiri pada 2 Juni 2022. Sementara itu, West Bandits masih belum mengumumkan siapa pelatih barunya untuk menyelesaikan sisa musim kompetisi 2023.


Baca juga: Duo IBL Legends tukangi Timnas 3x3 Indonesia
Baca juga: Pemain basket bentuk asosiasi Apbaspi, turut majukan liga profesional
Baca juga: Dewa United Banten sesuaikan program latihan selama Ramadhan

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023