Jakarta (ANTARA) - Duo IBL Legends yakni Fandi Andika Ramadhani dan Wijaya Saputra dipilih untuk menukangi Timnas Basket 3x3 Indonesia yang dipersiapkan khusus menghadapi kompetisi di SEA Games 2023 Kamboja.

Fandi Andika Ramadhani atau yang akrab disapa Rama dinobatkan sebagai Pelatih Kepala Timnas Basket 3x3, sementara Wijaya Saputra ditugaskan menjadi manajer timnas.

Rama menggantikan Tri Hartanto yang pada ajang FIBA 3x3 Asia Cup 2023 memimpin Timnas di Singapura. Tri Hartanto kini menjadi asisten pelatih.

Sedangkan Wijaya Saputra juga menggantikan posisi manajer timnas 3x3 sebelumnya yaitu Alfa Hari Kusumanegara yang kini menjadi asisten manajer untuk SEA Games 2023 Kamboja.

Baca juga: Indonesia kalahkan Tahiti, tapi gagal ke babak utama FIBA 3x3 Asia Cup

Mengutip laman resmi IBL, Fandi Andika Ramadhani adalah IBL Legends yang pernah besar bersama klub Aspac Jakarta. Rama juga pernah menjadi pemain 3x3 rangking pertama di Indonesia pada 2015, diperingkatkan oleh FIBA 3x3. Dia juga pernah beberapa kali membela Timnas Indonesia di ajang FIBA 3x3.

Sementara itu, Wijaya Saputra terakhir berada di jajaran manajemen tim Dewa United Banten di IBL Tokopedia 2023. Sebelum berperan di balik layar, Wijaya juga pernah membela tim Stadium Jakarta dalam kompetisi IBL.

Wijaya dan Rama adalah dua pemain yang pernah menjadi juara FIBA 3x3 World Tour Masters 2013. Saat itu dua pemain lainnya adalah Rizky Effendy dan Vinton Nolland Surawi.

Dengan hadirnya dua legenda yang pernah menjuarai kompetisi 3x3 level internasional itu diharapkan bisa menularkan ilmunya untuk Timnas 3x3 Putra Indonesia yang diproyeksikan berlaga di SEA Games 2023 Kamboja.

Saat ini Timnas 3x3 Putra Indonesia kembali menjalani pemusatan latihan di GBK Arena hingga 19 April. Perbasi memanggil sembilan pemain untuk menjalani pemusatan latihan tahap pertama di Jakarta.

Para pemain tersebut antara lain Agus Salim, Avan Seputra, Ikram Fadhil, Kevin Moses Eliazer Poetiray, M Reza Fahdani Guntara, Laurentius Steven Oei, Karl Patrick Utiarahman G, Antoni Erga, dan Nickson Damara Gosal.

Baca juga: Perbasi panggil sembilan pemain untuk seleksi Timnas 3x3 SEA Games
Baca juga: Menang uji tanding kedua di Australia, Timnas Basket punya PR defense

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023