Kendala itu kami menyadari masih ada, sehingga dengan bimtek ini kami berharap dapat membantu menguraikan masalah tersebut. Sekaligus kami menerima masukan dari para pelaku usaha di Batam
Batam (ANTARA) - Kementerian Investasi/BKPM bersama Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar bimbingan teknis (Bimtek) guna membantu menyelesaikan kendala berusaha kepada para pengusaha di Batam.

Kepala Subdirektorat Pemantauan Kepatuhan Perizinan Berusaha Sektor Primer dan Tersier, Kementerian Investasi/BKPM RI Benny Marcustiono dari keterangan yang diterima di Batam, Kamis, menyebutkan, pihaknya mengadakan bimtek untuk menyelesaikan kendala pada sistem Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) yang dihadapi para pelaku usaha.

"Kendala itu kami menyadari masih ada, sehingga dengan bimtek ini kami berharap dapat membantu menguraikan masalah tersebut. Sekaligus kami menerima masukan dari para pelaku usaha di Batam,” katanya. 

Dalam kegiatan itu sebanyak 76 perusahaan mengikuti bimtek tersebut, yang dinilainya penting untuk memperoleh informasi mengenai kendala dan  masukan dari para pelaku usaha, khususnya perhubungan laut dan perdagangan di Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam, kemudian mengurai kendala-kendala teknis dengan asistensi langsung dari Kementerian Investasi/BKPM.

Baca juga: Kementerian Investasi luncurkan fitur kemitraan dalam sistem OSS

Sementara itu Direktur PTSP BP Batam Harlas Buana menjelaskan dengan adanya kegiatan ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk para pelaku usaha.

"Kami berharap para peserta dapat memanfaatkan kesempatan ini karena bimtek langsung di-asistensi oleh tim dari Kementerian Investasi/BKPM RI yang berjumlah 10 orang dan siap membantu mengurai kendala bapak/ibu pada sistem OSS,” kata dia.

Menurutnya, langkah ini merupakan bentuk dukungan pemerintah pusat dan BP Batam untuk mendukung investasi di Batam.

"Ini merupakan semangat Kepala BP Batam yang terus menekankan pada kami agar mempermudah perizinan bagi pelaku usaha di Batam semua harus cepat, serta memberikan perhatian pada sektor yang menjadi ruh Batam, seperti maritim dan perdagangan,” ucapnya.

Baca juga: BKPM siapkan "punishment" daerah tak patuh aturan perizinan

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023