Jakarta (ANTARA) - Produsen sawit Astra Agro menegaskan komitmennya untuk mengedepankan usaha berkelanjutan atau sustainability sebagai upaya mendukung pencapaian Sustainability Development Goals (SDGs).

Presiden Direktur Astra Agro, Santosa mengatakan prinsip-prinsip keberlanjutan sangat penting untuk diterapkan, tidak semata berbisnis, kepedulian kepada masyarakat dan lingkungan sekitar serta semangat berkontribusi menjadi komitmen perusahaan.

"Untuk memperkuat komitmen tersebut, perusahaan menerapakan 'Astra Agro Sustainability Aspirations' sejak tahun lalu," ujarnya dalam Talk to The CEO di Semarang, Jawa Tengah, Jumat.

Menurut dia, terdapat 12 aspek (metrik) yang diterapkan untuk mewujudkan usaha yang berkelanjutan yang sejalan dengan target-target yang diharapkan masyarakat dunia melalui Sustainable Development Goals (SDGs).

Aspek-aspek tersebut adalah penurunan emisi, pengelolaan energi, pengelolaan air dan limbah, pengelolaan limbah padat, konservasi lahan gambut, pencegahan deforestasi, dan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Santosa menambahkan, perusahaan juga berkomitmen untuk menjaga dan melindungi keselamatan serta kesehatan kerja, peduli pada keragaman dan inklusivitas baik di tingkat karyawan maupun direksi.

Aspek yang berkaitan langsung dengan public contributions tercantum juga dalam dokumen aspirasi itu, tambahnya, perusahaan akan terus mengembangkan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Tiap aspek dilengkapi dengan ukuran-ukuran yang diharapkan telah tercapai pada 2030," katanya dalam keterangannya.

Selain aspek-aspek tersebut, tambahnya, perusahaan juga berkomitmen menjalankan operasional perusahaan dengan menerapkan good corporate governance (GCG).

Baca juga: Pemerintah tegaskan tekad untuk tingkatkan kesadaran tentang SDGs
Baca juga: Pemda diminta konsolidasikan data SDGs Desa guna penanganan stunting
Baca juga: Bupati Bogor: Perencanaan pembangunan daerah 2024 harus sesuai SDGs

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023