Setiap hari sebanyak 200 bibit pohon mangrove jenis Rhizophora, ditanam di setiap wilayah. Untuk tiga hari ini, total 600 bibit ditanam, di antaranya di pesisir barat Gorontalo Utara, dan Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato
Gorontalo (ANTARA) - Prajurit TNI Angkatan Darat, (AD) menanam bibit mangrove jenis Rhizophora di wilayah pesisir Provinsi Gorontalo, di antaranya di Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Pohuwato.

Danrem 133/Nani Wartabone, Brigjen TNI Totok Sulistyono, di Gorontalo, Sabtu, mengatakan, pihaknya menggalakkan program penghijauan wilayah pesisir dengan menanam bibit mangrove.

"Setiap hari sebanyak 200 bibit pohon mangrove jenis Rhizophora, ditanam di setiap wilayah. Untuk tiga hari ini, total 600 bibit ditanam, di antaranya di pesisir barat Gorontalo Utara, dan Kecamatan Marisa, Kabupaten Pohuwato," katanya.

Ia menjelaaskan tujuan penanaman tersebut, agar apa yang dilakukan dapat sinergi dengan program penghijauan yang juga digalakkan pemerintah, seperti penanaman bibit mangrove di wilayah teritorial Kodim 1313/Pohuwato, yang berlokasi di Desa Palopo Kecamatan Marisa.

"Kita melaksanakan program penanaman bibit pohon mangrove secara berkelanjutan sebagai upaya melestarikan lingkungan pesisir, juga menjaga kelestarian hutan mangrove," katanya.

Danrem mengimbau agar masyarakat secara bersama-sama menjaga kawasan hutan mangrove di Gorontalo.
 
Penanaman bibit pohon mangrove Rhizophora oleh personel Koramil/Sumalata Kodim 1314 Gorontalo Utara, di Desa Windu, Kecamatan Biau, bekerja sama dengan warga dan aparat desa. ANTARA/HO-Koramil Sumalata/am.


"Kami senantiasa mendukung program pelestarian kawasan hutan mangrove. Serta memberi edukasi agar warga turut menjaga ekosistem hutan mangrove di seluruh wilayah Gorontalo," kata Totok Sulistiyono.

Danramil Sumalata Kodim 1314 Gorontalo Utara, Letda (Inf) Hidayat Nurcahyo, mengatakan, warga dan aparat desa sangat antusias ikut melakukan penanaman bibit mangrove.

Khusus di wilayah utara Provinsi Gorontalo itu, penanaman dilakukan di wilayah barat kabupaten, oleh personel Koramil 1314-03/Sumalata, bekerja sama dengan aparat desa dan warga pesisir pantai, Desa Windu Kecamatan Biau.

"Kami sangat mengapresiasi dukungan masyarakat terhadap program ini. Mereka sangat bergembira dapat ikut menanam mangrove jenis Rhizophora," katanya.

Program penghijauan kawasan hutan mangrove di kabupaten tersebut, bertujuan menghijaukan kawasan dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama memperhatikan kelestarian alam di wilayah tersebut, demikian Hidayat Nurcahyo.

Baca juga: Hutan mangrove Baturapa Bolaang Mongondow direstorasi

Baca juga: Gubernur: kondisi hutan mangrove Gorontalo sangat memprihatinkan

Baca juga: Pemprov Gorontalo-LSM kerja sama lestarikan mangrove-terumbu karang

Baca juga: Cagar Alam Tanjung Panjang ditanami mangrove BKSDA Sulut-Gorontalo

 

Pewarta: Susanti Sako
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023