Jakarta (ANTARA) - Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI bekerja sama dengan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menggelar forum konsultasi publik (FKP) sebagai sarana kolaborasi untuk memberikan pendidikan yang lebih baik bagi generasi muda.
 
"FKP merupakan program baru MPR RI dan baru pertama kali dilaksanakan pada tahun ini, kami hanya mempunyai empat program yang sama dan nanti akan dilaksanakan di kampus pilihan, jadi ULM ini adalah kampus pilihan kami yang pertama," kata Pelaksana Tugas Deputi Administrasi Setjen MPR RI Siti Fauziah dalam keterangan diterima di Jakarta, Minggu.
 
Dia menyampaikan bahwa kolaborasi selanjutnya dengan ULM, yakni penandatanganan kerja sama yang memungkinkan kolaborasi dalam berbagai hal.
 
"Namun, penggunaannya harus tetap bijak dan untuk hal-hal yang bersifat positif, edukatif, serta tentunya membangun," kata dia.

Dengan kerja sama tersebut, kata dia, para mahasiswa akan mendapatkan kesempatan yang lebih baik soal pendidikan, baik dalam program yang digelar di Jakarta maupun berbagai sarana pendidikan yang tersedia di gawai.
 
"Nanti bila ada adik-adik yang tidak bisa ikut program yang diadakan kampus di Jakarta, jangan sedih ilmu kita bisa didapat di mana saja, nah nanti siapa yang sudah 'download' kami punya buku digital bisa di 'download' di App Store, itu ada banyak isinya majalah, ada 'prosiding', dan ada produk-produk dari MPR jadi tidak perlu ke Jakarta," katanya.

Baca juga: Ahmad Basarah ingatkan kembali pesan moral Isra Mikraj
Baca juga: Ketua MPR dorong pertumbuhan industri kendaraan listrik Indonesia
 
Ia menjelaskan banyak buku yang bermanfaat untuk para mahasiswa tersedia untuk diunduh. Selain itu, menurut dia, para mahasiswa bisa mengakses laman MPR RI, www.mpr.go.id.
 
"Itu boleh juga masuk ke situ dan itu banyak informasi lain, baik kegiatan maupun buku-buku atau produk ada semua di web MPR," ucapnya.

Siti Fauziah menjelaskan tentang urgensi metode pendidikan karakter bangsa di era milenial. MPR RI, kata dia, berharap dapat memperkenalkannya dengan menggunakan gawai untuk metode pendidikan tersebut.
 
"Menggunakan segala macam yang diminati adik-adik mahasiswa. Jadi (gawai) tidak (digunakan untuk) monoton (saja), pendidikan sekarang tidak melalui buku tapi semua itu ada di digital, bisa di web MPR, jadi kami mengikuti eranya," kata dia.
 
Rektor ULM Prof. Ahmad menyampaikan bahwa pelaksanaan forum konsultasi publik itu merupakan yang pertama kali dilaksanakan Sekretariat Jenderal MPR RI bekerja sama dengan perguruan tinggi, dan pilihannya Universitas Lambung Mangkurat.
 
"Tentu ini merupakan satu kehormatan yang luar biasa bagi ULM sebagai perguruan tinggi negeri yang ada di Pulau Kalimantan, tepatnya di Kalimantan Selatan dan menjadi pilihan pertama bagi Sekretariat Jenderal MPR RI untuk melaksanakan forum konsultasi publik," ujarnya.

Pewarta: Boyke Ledy Watra
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023