Batam (ANTARA) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam, Kepulauan Riau, menyebutkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke daerah setempat mencapai 565.936 orang selama 2022.

"Capaian kunjungan wisman 2022 sebanyak 565.936 kunjungan. Sementara 2021 hanya 2.651 kunjungan. Peningkatan ini cukup signifikan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Batam Ardiwinata saat dihubungi di Batam, Ahad.

Ia menjelaskan pada 2023 Pemerintah Kota Batam menargetkan sebanyak 1,5 juta kunjungan wisman dan wisnus ke daerah setempat.

Kunjungan wisman sudah semakin meningkat seiring dengan pengendalian COVID-19 yang membaik.

Baca juga: Kunjungan wisman ke Batam naik 79,77 pada Desember 2022

Baca juga: Pemkot Batam sambut kedatangan kunjungan perdana wisman 2023


"Kami targetkan untuk tahun 2023 ini kunjungan wisman 1,5 juta orang. Apalagi sekarang PPKM sudah dicabut oleh pemerintah, itu menandakan penanganan COVID-19 semakin baik," ujar dia.

Pemerintah Kota Batam telah menyiapkan sekitar 150 kegiatan hingga akhir tahun 2023 untuk menggaet kunjungan wisatawan dalam dan luar negeri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata menyampaikan di antara 150 kegiatan yang disiapkan sepanjang 2023 tersebut adalah Batam Wonderfood Ramadhan yang akan diadakan pada 21 Maret mendatang untuk meramaikan suasana bulan Ramadhan.

"Dalam waktu dekat bakal ada kegiatan Batam Wonderfood Ramadhan yang dibuka pada tanggal 21 Maret nanti. Satu bulan akan berjalan selama bulan puasa di Taman Dang Anom," katanya saat dihubungi di Batam, Ahad.

la menyampaikan beberapa waktu lalu pihaknya juga melaksanakan pameran produk ekonomi kreatif dan pariwisata yang bekerjasama dengan Malaysia.*

Baca juga: Dispar Kepri: Visa Kunjungan Beberapa kali Perjalanan permudah wisman

Baca juga: Asita Kepri minta biaya Visa on Arrival dihapus


Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023