Balikpapan (ANTARA) - Enam wilayah (kabupaten/kota) di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) diprakirakan mengalami hujan lebat disertai petir dan angin kencang berdurasi singkat pada Senin-Selasa (20-21/2), sehingga semua pihak diimbau waspada terhadap dampaknya.

"Dampak dari peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor," ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Minggu.

Informasi prakiraan cuaca ini pun telah disampaikan kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota masing-masing agar dapat dilakukan mitigasi untuk meminimalisasi dampaknya terhadap masyarakat.

Enam wilayah yang diprakirakan mengalami peristiwa itu, yakni Kota Bontang, Kabupaten Berau, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Mahakam Ulu.

Baca juga: BMKG sebut perubahan iklim sebabkan terganggunya siklus hidrologi

Rinciannya adalah di Kota Bontang pada Senin sekitar pukul 08.00 Wita diprakirakan terjadi pada tiga kecamatan, yakni Kecamatan Bontang Selatan, Bontang Barat, dan Bontang Utara, sedangkan pukul 11.00 Wita dan 17.00 Wita hingga Selasa dini hari hujan ringan terjadi pada tiga kecamatan tersebut.

Kabupaten Berau pada Senin sekitar 17.00 Wita hujan petir di Kecamatan Kelay dan Segah, pukul 20.00 Wita di Kecamatan Tanjung Redeb, Kelay, Tabalar, Biatan, Gunung Tabur, Sambaliung, Segah, Talisayan, dan Teluk Bayur.

Pada Senin pukul 23.00 Wita hingga Selasa dini hari, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Tanjung Redeb, Tabalar, Biatan, Gunung Tabur, Sambaliung, Talisayan, dan Teluk Bayur.

Kabupaten Kutai Barat pada Senin pukul 23.00 wita, hujan sedang hingga hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Long Iram, Muara Pahu, Jempang, Linggang Bigung, Muara Lawa, dan Kecamatan Penyinggahan.

Baca juga: BMKG: Waspadai gelombang tinggi hingga empat meter

Hujan petir di Kabupaten Kutai Kartanegara diprakirakan terjadi pada Senin pukul 20.00 Wita di Kecamatan Tenggarong Seberang, pukul 23.00 Wita di Kecamatan Muara Muntai, Sebulu, Kembang Janggut, Kota Bangun, Muara Kaman, Muara Wis, dan Tenggarong Seberang.

Kabupaten Kutai Kartanegara pada Senin pukul 08.00 Wita, hujan petir diprakirakan terjadi di Kecamatan Teluk Pandan, pukul 17.00 Wita di dua kecamatan, yakni Kecamatan Busang dan Muara Wahau.

Pada Senin pukul 20.00 Wita, hujan lebat hingga hujan petir di Kecamatan Batu Ampar, Kaliorang, Kongbeng, Muara Wahau, Sangkulirang, Bengalon, Busang, Kaubun, Long Mesangat, Muara Bengkal, Rantau Pulung, dan Telen.

Pada Senin pukul 23.00 Wita hingga Selasa dini hari, hujan petir diprakirakan terjadi di empat kecamatan, yakni Kecamatan Kaliorang, Karangan, Muara Ancalong, dan Kaubun.

Baca juga: BMKG ajak masyarakat panen air hujan antisipasi kemarau kering

"Di Kabupaten Mahakam Ulu, hujan petir diprakirakan terjadi pada Senin sekitar pukul 23.00 Wita hanya di satu kecamatan, yakni Kecamatan Long Hubung, sedangkan kecamatan lainnya hanya hujan ringan," kata Carolina.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023