Jangan sampai warga kita kesulitan mendapatkan bahan pokok.
Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) menggelar operasi pasar murah pengendalian inflasi di Kota Banjarmasin untuk sebelas komoditas pokok.
 
Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor memantau langsung gelar operasi pasar murah yang dilaksanakan di depan Kantor Gubernur Kalsel atau di Jalan Sudirman Siring 0 Kilometer Sungai Martapura, Banjarmasin tersebut, Senin.
 
Gubernur menyampaikan, gelar operasi pasar murah di Kota Banjarmasin dari 19--21 Februari ini, sebagai upaya mengendalikan inflasi beberapa kebutuhan bahan pokok, karena langkah ini juga sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).
 
"Jadi Pak Presiden meminta pemerintah daerah melakukan langkah-langkah cepat untuk membantu pengendalian inflasi, termasuk gelar operasi pasar murah ini secara kontinu," ujar Gubernur.
 
Gubernur yang lebih akrab disapa Paman Birin ini menginginkan, operasi pasar murah bahan pokok ini dilaksanakan juga di semua kabupaten/kota, sehingga semua masyarakat merasakan kemudahan mendapatkan bahan pokok yang terjangkau.
 
"Jangan sampai warga kita kesulitan mendapatkan bahan pokok," ujarnya lagi.
 
Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel H Birhasani menyampaikan, operasi pasar murah di Kota Banjarmasin untuk pengendalian inflasi mengadakan sebelas komoditas, yakni, beras premium, bawang merah, daging sapi, dan daging ayam.
 
Selanjutnya, ujar dia lagi, komoditas gula pasir, ikan segar, minyak goreng, tepung terigu, cabai rawit, telur ayam, dan cabai merah keriting.
 
Birhasani menyatakan, operasi pasar murah sebelas komoditas pokok ini sebagai upaya pengendalian inflasi di Kalsel pada bulan Februari, mengingat Kota Banjarmasin masuk daerah yang tertinggi terjadi inflasi bahan pokok.
 
Selain Kota Banjarmasin, kata Birhasani, operasi pasar murah juga sudah dilaksanakan di Kabupaten Kotabaru pada pekan kemarin, dan setelah di Kota Banjarmasin akan dilaksanakan lagi di Kabupaten Tabalong pada 23-25 Februari 2023 di Plaza Umaiyah.
 
Menurut dia, angka inflasi bulan Januari 2023 di Kalsel sudah mengalami penurunan, dibandingkan bulan Desember 2022, yakni dari 6,99 menjadi 6,11.
 
"Dengan langkah operasi pasar murah ini, diharapkan pada bulan ini bisa menurun signifikan," ujarnya pula.
Baca juga: Kodim 1007 Banjarmasin gelar pasar murah
 
 

Pewarta: Sukarli
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023