Alhamdulillah kondisi inflasi Kalsel saat ini terkendali, dan cenderung deflasi, kemudian sebentar lagi bulan puasa, kita jaga semua.
Banjarmasin (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Pemprov Kalsel) melakukan berbagai upaya untuk menjaga stabilitas harga, utamanya bahan pokok jelang bulan Ramadhan 1445 Hijriah atau 2024 Masehi.
 
Pelaksana Tugas (Plt) Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalsel Suparmi, di Banjarbaru, Senin, menyatakan upaya yang dilakukan itu, di antaranya mengendalikan inflasi semua bahan pokok.
 
"Alhamdulillah kondisi inflasi Kalsel saat ini terkendali, dan cenderung deflasi, kemudian sebentar lagi bulan puasa, kita jaga semua," ujarnya.
 
Dia menyebutkan bahwa upaya Pemprov Kalsel dalam menjaga stabilitas harga dengan berbagai langkah, seperti dengan mengikuti rapat koordinasi rutin setiap hari Senin bersama seluruh pemerintah daerah se-Indonesia yang pimpin oleh Kementerian Dalam Negeri melalui virtual.
 
Menurut Suparmi, Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kalsel bersama TPIP (pusat), pada koordinasi minggu III bulan Februari dipaparkan jika kondisi harga daging ayam, telur ayam ras dalam kondisi stabil, sehingga cenderung deflasi.
 
Menurut dia lagi, dengan memperhatikan yang terjadi sesuai dengan pusat, trennya fokus di harga beras, bawang merah, minyak goreng sama cabai.
 
“Menjelang bulan puasa kita jaga semua, beras, minyak goreng, gula, cabai dan produk-produk peternakan telur ayam ras, daging ayam ras, daging sapi kita jaga semua, dan Alhamdulillah kondisi di Kalsel semua posisi stabil," ujar Suparmi.
 
Untuk mendukung upaya tersebut, Pemprov Kalsel juga melakukan aksi nyata dengan melakukan roadshow untuk pasar murah di beberapa kabupaten/kota sebelum bulan puasa ini tiba.
 
Dia menambahkan, sesuai dengan permintaan Inspektur Jenderal Kemendagri Komjen Pol Tomsi Tohir Balaw agar rapat koordinasi rutin seperti ini tidak hanya sekadar koordinasi, namun juga ada upaya nyata dalam melakukan kegiatan menjaga stabilitas harga di lapangan.
 
Kemendagri pada rapat setiap Senin untuk pengendalian inflasi ini bisa lebih fokus, sehingga diketahui masalahnya, seperti harga beras naik dan sebagainya, agar solusinya jelas.
Baca juga: BPS sebut Indeks Harga Konsumen di Kalsel meningkat
Baca juga: Mendagri apresiasi Kalsel kendalikan inflasi di bawah angka nasional 

Pewarta: Sukarli
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024