Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Timur (Kaltim) mengalokasikan total anggaran sebesar Rp375 miliar untuk program Beasiswa Kaltim Tuntas pada 2023.

"Hari ini kami membuka pendaftaran program Beasiswa Kaltim Tuntas, dengan alokasi anggaran Rp375 miliar melalui APBD murni tahun 2023," kata Ketua Badan Pengelola Beasiswa Kaltim Tuntas Iman Hidayat di Samarinda, Senin.

Dia menyebutkan, pendaftaran Beasiswa Kaltim Tuntas tahun 2023, kategori mahasiswa telah dibuka hari ini (Senin, 20/2) sampai dengan 31 Maret 2023. Sedangkan untuk kategori siswa pembukaan pendaftaran dimulai 1 Maret sampai dengan 7 April 2023.

Baca juga: PGRI Kaltim dukung Beasiswa Kaltim Tuntas

Ia menyebutkan total anggaran program Beasiswa Kaltim Tuntas pada APBD tahun 2023 yakni sebesar Rp375 miliar dengan target jumlah penerima sebanyak 43.189 orang.

"Program beasiswa ini sudah memasuki tahun kelima. Pada tahun 2023 memiliki beberapa perubahan dan penambahan sebagian jenis beasiswa, yakni untuk kategori mahasiswa program Beasiswa Kaltim Tuntas, jenis kerja sama yakni ada penambahan perguruan tinggi dalam negeri yang bekerja sama dengan Pemprov Kaltim.

Menurut dia, kerja sama itu dengan Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma (Unsurya) untuk kelas sekolah penerbangan dan Politeknik Kesehatan Surakarta kelas Ortotik Prostetik dengan perkiraan kuota program Beasiswa Kaltim Tuntas untuk satu atau dua kelas.

Baca juga: Bantu mahasiswa, Kaltim-IAI Tazkia jalin kerja sama program beasiswa

Iman Hidayat menuturkan, untuk proses seleksi Beasiswa Kaltim Tuntas stimulan siswa itu berdasarkan hasil seleksi nilai skoring sesuai dengan kurikulum yang ditempuh. Misalnya para siswa yang didaftarkan oleh sekolah dapat mencantumkan jenis kurikulum yang ditempuh, baik Kurikulum 2013 maupun Kurikulum Merdeka.

"Jadi, jika siswa tersebut menggunakan Kurikulum 2013, maka skoringnya diseleksi bersama para siswa yang menggunakan kurikulum yang sama (2013) demikian juga jika menggunakan Kurikulum Merdeka. Jadi, biar adil," ucapnya.

Ia menambahkan, terkait Beasiswa Kaltim Tuntas stimulan siswa pada tahun 2023 pendaftaran dilakukan oleh pihak sekolah, tidak lagi secara langsung oleh para siswa. Sebagai lembaga pendidikan, sekolah beserta guru dan tenaga teknisi teknologi informasi dapat memfasilitasi serta menjembatani para siswanya untuk melakukan pendaftaran.

Baca juga: BI Kaltim serahkan beasiswa untuk 125 mahasiswa

"Untuk informasi lengkap mengenai alur serta persyaratan pendaftaran dapat diakses melalui laman website https://beasiswa.kaltimprov.go.id," kata Iman Hidayat.
 

Pewarta: Gunawan Wibisono/Fandi
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023