pohon sengon yang tumbuh subur di Itera merupakan hasil dari seleksi bibit-bibit terbaik yang dilakukan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan.
Bandarlampung (ANTARA) - Tim peneliti dari Japan International Research Center for Agricultural Sciences (JIRCAS), Jepang, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), dan Universitas Gadjah Mada (UGM) melakukan penelitian terhadap sampel genetik tanaman sengon terbaik yang tumbuh subur di Institut Teknologi Sumatera (Itera).

"Penelitian oleh Jircas dan kawan-kawan dilakukan di kebun benih semai (KBS) sengon Itera yang meruoakan hasil kerja sama dengan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Way Seputih – Way Sekampung KLHK," kata Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dalam keterangan yang diterima di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan bahwa sekitar 50 batang tanaman sengon yang ditanam tahun 2021 di Itera tersebut menjadi salah satu varietas sengon terbaik di Indonesia, selain yang ada di tiga wilayah lainnya yaitu di Kediri Jawa Timur, Bangka Belitung, dan Banjarbaru Kalsel.

"Mereka berencana melakukan pengambilan sampel ganetik pohon sengon yang tumbuh subur di Itera sebagai bahan penelitian yang akan dibawa ke Jepang. Kami (Itera) juga akan kerjasama dengan beberapa pihak terkait budidaya pohon sengon yang di lahan Itera bertujuan untuk reboisasi dan penghijauan guna meningkatkan kesuburan tanah," ujarnya.

Peneliti JIRCAS Jepang Naoki Tani menjelaskan telah melakukan pertemuan secara langsung dengan Itera untuk melihat dan mengambil salah satu sampel pohon sengon terbaik di Indonesia.

"Kami berharap kerja sama tersebut bisa menjadi peluang yang besar untuk Itera dan JIRCAS dalam riset-riset lainnya," kata dia.

Sementara, perwakilan dari BRIN Liliana Baskorowati mengungkapkan bahwa pohon sengon yang tumbuh subur di Itera merupakan hasil dari seleksi bibit-bibit terbaik yang dilakukan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Pemuliaan Tanaman Hutan.

“Pohon sengon tersebut dipilih dari banyak bibit yang ditanam kemudian kita cari yang terbaik dan kita tanam di Itera ini,” katanya.
Baca juga: Asosiasi konsumen dukung BRIN riset produk tembakau alternatif
Baca juga: BRIN temukan limbah minyak pada mangrove yang mati di Teluk Ambon
Baca juga: BRIN dan Poso Energy kerja sama teliti keanekaragaman hayati air Poso

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023