Medan (ANTARA) - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi mengakui COVID-19 menjadi kendala capaian empat program prioritas secara optimal selama dirinya memimpin Provinsi Sumut.

Empat program prioritas itu meliputi, bidang infrastruktur, bidang kesehatan, bidang pertanian dan peternakan.

"Saya sedang mengevaluasi bersama kepala dinas, apakah mau saya ini terlalu tinggi, atau capaian-capaiannya ini yang perlu kita evaluasi,” ujar Edy saat diwawancarai di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan,Selasa.

Selanjutnya, Edy Rahmayadi menjelaskan pandemi COVID-19 selama dua tahun menyebabkan fokus anggaran dialihkan untuk penanggulangan COVID-19.

"COVID-19 ini kan datangnya mendadak, sehingga mengubah pekerjaan yang sudah terstruktur, dibelokkan kepada penanggulangan COVID, termasuk finansialnya. Refocusing, kegiatan-kegiatan yang lain, semua terhenti di situ, kita fokus kepada penyelesaian COVID-19,” kata Edy.

Jelang berakhirnya jabatan yang kurang dari satu tahun, Edy menyebutkan, akan mengerjakan program yang paling prioritas, yaitu pendidikan dan kesehatan. Bagi Edy, suatu daerah akan lebih maju apabila sumber daya manusianya baik.

"Ini yang saya geber dan diprioritaskan lebih besar dari pada target-target yang lain, jadi pendidikan kesehatan ini harus mutlak, sehingga kedepan kita punya penerus-penerus anak bangsa, berpendidikan dan orangnya sehat. ini inti dari visi dan misi saya,” ujarnya.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023