Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara mendukung penuh peningkatan investasi asing di wilayahnya pada tahun 2024 seperti adanya potensi keterlibatan Pensutra Alliance Berhad dari Malaysia di beberapa proyek di Sumut.

"Kami mempersilakan semua pihak untuk 'one on one meeting' (pertemuan tatap muka) dalam forum yang kami sediakan," ujar Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Sumatera Utara Faisal Nasution di Medan, Selasa.

Faisal melanjutkan, Pemprov Sumut mengadakan forum "North Sumatra Invest" (NSI) yang terakhir kali digelar pada di Pulau Pinang, Malaysia, pada 7 Desember 2023.

Sebelumnya, acara serupa dilaksanakan di Medan pada Juli dan November 2023.

"Kami mengundang seluruh pemangku kepentingan dalam forum itu. Nantinya, di sela forum, biasanya pihak yang terlibat dalam investasi mengadakan 'one on one meeting' misalnya untuk menindaklanjuti hasil dari pertemuan sebelumnya," kata Faisal.

Dalam kegiatan NSI di Malaysia pada Desember 2023, asosiasi yang mewadahi investor di Malaysia yaitu Pensutra Alliance Berhad tertarik untuk menanamkan modal di beberapa proyek di Sumut misalnya pembangunan lanjutan jalan tol Pematang Siantar-Parapat sejauh 50 kilometer yang melewati pemandangan Danau Toba. Proyek ini bernilai sekitar Rp20,6 triliun.

Kemudian, ada pula pengolahan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Terjun di Medan yang memiliki luar 13,7 hektare dan potensi sampah 1.800 ton per hari.

Selain itu, terdapat juga kemungkinan kerja sama untuk pengembangan produk pertanian di Kabupaten Humbang Hasundutan.

"Namun, investasi itu tidak dapat terjadi dalam waktu singkat. Investor masih mengkaji semua peluang termasuk apakah bisa mengajak investor lain dalam sektor tertentu," tutur Faisal.

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sumatera Utara menyatakan, realisasi investasi di wilayahnya pada Januari-September 2023 total sebesar Rp31,39 triliun.

Rinciannya, penanaman modal dalam negeri (PMDN) Rp16,85 triliun dan penanaman modal asing (PMA) Rp14,54 triliun.

Baca juga: Dinas PMPTSP sebut KEK Sei Mangkei-KIM tulang punggung investasi Sumut

Baca juga: Realisasi investasi di Sumut Januari-September 2023 capai Rp31 triliun


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024