Rinciannya, penanaman modal dalam negeri (PMDN) Rp16,85 triliun dan penanaman modal asing (PMA) Rp14,54 triliun
Medan (ANTARA) - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Sumatera Utara Faisal Nasution mengatakan realisasi investasi di wilayahnya pada Januari-September 2023 mencapai Rp31,39 triliun.

"Rinciannya, penanaman modal dalam negeri (PMDN) Rp16,85 triliun dan penanaman modal asing (PMA) Rp14,54 triliun," ujar Faisal di Medan, Selasa.

Dia melanjutkan, angka itu belum mencakup keseluruhan tahun 2023 karena pihaknya masih menunggu data realisasi investasi Sumut dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Oleh sebab itu, Faisal menambahkan, Dinas PMPTSP Sumut masih memberikan waktu bagi pelaku usaha untuk membuat laporan kegiatan penanaman modal (LKPM).

"Pembuatan LKPM itu sampai minggu kedua Januari 2024," kata dia.

Baca juga: Pemprov Sumut terus promosikan KEK Sei Mangkei, KIM, dan Kaldera Toba

Baca juga: Pemprov Sumut tegaskan komitmen bantu percepat izin usaha via OSS


Nantinya, setelah mendapatkan besaran nilai investasi di Sumut sepanjang tahun 2023, barulah pihak Pemerintah Provinsi Sumut melakukan evaluasi karena akan terlihat memenuhi target atau tidak.

Pemprov Sumut menargetkan pada tahun 2023, nilai investasi di wilayahnya Rp50 triliun.

Adapun pada tahun 2022, realisasi investasi di provinsi beribu kota di Medan itu tercatat mencapai Rp41,68 triliun.

"Jika data triwulan keempat dari BKPM sudah tiba, kami akan menabulasi untuk mengetahui apakah besarannya memenuhi target atau tidak," tutur Faisal.

Dia menegaskan Pemprov Sumut terus berupaya memberikan yang terbaik bagi para investor terutama setelah adanya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Pemberian Insentif dan Kemudahan Investasi.

Dinas PMPTSP optimistis investasi di Sumut berkembang pesat lantaran lokasi yang strategis dan mempunyai banyak potensi investasi seperti di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei, Kawasan Industri Medan (KIM), Danau Toba Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), Bus Rapid Trans (BRT) Mebidangro dan Sport Centre, Kawasan Industri Kuala Tanjung serta Airport City Kualanamu.

Pada tahun 2023, melalui North Sumatra Invest (NSI), Pemprov Sumut menawarkan beberapa proyek untuk menjadi prioritas dan memiliki dokumen "Investment Project Ready to Offer" (IPRO) yakni Pembangunan Pusat Pasar Brastagi di Kabupaten Karo, objek wisata di kawasan pelabuhan lama dan pengembangan kawasan wisata Pulau Poncan di Kota Sibolga.

Juga pengembangan pelabuhan perikanan dan pengembangan kawasan wisata di Nias Utara, kawasan Bukit Lawang Tangkahan di Langkat dan PT Dirga Surya untuk pembangunan MICE.

Baca juga: Realisasi investasi Sumut tumbuh 15 persen pada semester I 2023

Baca juga: Pemprov undang investor menawarkan peluang unggulan investasi di Sumut


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024