Jakarta (ANTARA) -
Studi dari Sekolah Kesehatan Masyarakat Mailman Universitas Columbia mengatakan peningkatan kadar polusi udara berhubungan dengan kerusakan tulang pada wanita pascamenopause. Konsekuensinya terutama terlihat di tulang belakang lumbar, di mana oksida nitrat dua kali lebih merusak daripada penuaan normal.

Studi sebelumnya pada polutan individu menunjukkan efek buruk pada kepadatan mineral tulang, risiko osteoporosis, dan patah tulang terjadi pada individu yang lebih tua. Studi baru ini adalah yang pertama mengeksplorasi hubungan antara polusi udara dan kepadatan mineral tulang khususnya pada wanita pascamenopause dan yang pertama mengeksplorasi efek campuran polusi udara pada hasil tulang.

Baca juga: Indy Barends ubah gaya hidup demi jaga kesehatan tulang
 
Besarnya efek nitrogen oksida pada kepadatan tulang atau Bone Mineral Density (BMD) yang mencakup seluruh tubuh, pinggul total, leher femoralis, dan tulang belakang lumbar akan mengalami 1,22 persen pengurangan tahunan, hampir dua kali lipat efek tahunan usia pada situs anatomi mana pun yang dievaluasi. Efek ini diyakini terjadi melalui kematian sel tulang akibat kerusakan oksidatif dan mekanisme lainnya.
 
“Temuan kami mengonfirmasi bahwa kualitas udara yang buruk dapat menjadi faktor risiko keropos tulang, terlepas dari faktor sosial ekonomi atau demografis. Untuk pertama kalinya, kami memiliki bukti bahwa nitrogen oksida, khususnya, merupakan penyumbang utama kerusakan tulang dan lumbar tulang belakang adalah salah satu situs yang paling rentan terhadap kerusakan ini," kata penulis pertama studi Diddier Prada, MD, PhD, seperti dilansir Hindustantimes pada Rabu. 

Baca juga: Cegah osteoporosis dimulai dari pola makan
 
Knalpot mobil dan truk merupakan sumber utama nitro oksida, demikian pula emisi dari pembangkit listrik.
 
Osteoporosis lebih berdampak pada wanita dari pada pria, dengan 80 persen dari perkiraan 10 juta orang Amerika yang menderita osteoporosis adalah wanita. Wanita pascamenopause berisiko lebih tinggi, dengan satu dari dua wanita berusia di atas 50 tahun mengalami patah tulang karena osteoporosis.

Baca juga: Kelola pola makan tepat untuk cegah osteoporosis

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023