Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Rabu yang menarik perhatian pembaca dan masih layak untuk disimak pagi ini, mulai dari Kemensos siapkan Task Force Tagana hingga Menaker minta masyarakat lokal ikut akses pasar kerja di IKN.

Ada juga berita tentang bantuan penanganan gempa Turki serta warta bangunan SD di dekat Istana Bogor rawan roboh. Berikut sejumlah berita humaniora para Rabu.

1. Kemensos siapakan Task-Force Tagana dengan pelatihan pasukan elit

Kementerian Sosial menyiapkan Satgas Tagana atau Satuan Tugas Taruna Siaga Bencana, dengan pasukan pelatihan elit dari Kopassus, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Palang Merah Indonesia (PMI), dan Vertical Rescue Indonesia (VRI).

"Ibu Menteri Sosial Tri Rismaharini begitu memikirkan keselamatan dan kenyamanan para penyintas bencana di lokasi pengungsian. Untuk itu, beliau meminta Tagana sedemikian rupa, salah satunya ya ini, melalui pelatihan pembentukan Character Building Task-Force Tagana,” kata Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial (Linjamsos) Robben Rico dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu.

2. Dukungan INASAR pencarian korban gempa diapresiasi Presiden Turki

Dukungan tim pencarian dan pertolongan dari pemerintah Indonesia (INASAR) untuk korban gempa magnitudo 7,8 di Turki, mendapatkan apresiasi dari Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan.

Pemimpin tim INASAR Yopi Hariyadi dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, mengatakan Presiden Erdogan berterima kasih atas kedatangan tim Indonesia saat menerima perwakilan INASAR di Antakya, Senin (20/2).

3. DPRD ingin SD dekat Istana Bogor segera diperbaiki karena rawan roboh

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Jawa Barat meminta pemerintah setempat memprioritaskan perbaikan gedung Sekolah Dasar Negeri (SDN) Panaragan Kidul yang berjarak satu kilometer dari Istana Bogor karena terancam roboh.

Komisi IV DPRD Kota Bogor mencatat, kerusakan yang dialami oleh sekolah tersebut terdiri dari plafon yang sudah jebol, ruang kelas yang tidak layak pakai, tembok rusak dan pondasi bangunan yang sudah tidak kuat.

4. Polres Bangkalan cegah dini mainan petasan melalui sambang desa

Polres Bangkalan, Jawa Timur melakukan upaya pencegahan dini bahaya permainan petasan menyusul terjadinya ledakan yang menyebabkan 15 unit rumah warga rusak dan satu orang tewas di Kabupaten Blitar pada 19 Februari 2023.

Kapolres Bangkalan AKBP Wiwit Ari Wibisono di Bangkalan, Jawa Timur, Rabu menjelaskan, pihaknya telah memerintahkan sebanyak 281 personel untuk mengemban misi khusus mencegah permainan petasan di masyarakat melalui program sambang desa itu.

"Masing-masing desa atau kelurahan satu personel. Pola yang kita lakukan adalah persuasif, yakni dengan memberikan arahan guna menyadarkan warga," katanya.

5. Menaker minta masyarakat lokal ikut akses pasar kerja di IKN

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meminta masyarakat lokal yang bermukim di sekitar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur ikut mengakses pasar kerja proyek pembangunan kawasan itu.

"Sebenarnya IKN miliknya masyarakat Indonesia dari Sabang sampai Merauke tapi kami ingin teman-teman yang ada di sana ikut menikmati pembangunan di IKN tersebut," kata Ida Fauziyah saat ditemui di Grha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Rabu.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2023