IFW 2023 resmi dibuka  22-26 Februari, secara offline di Jakarta Convention Centre (JCC), dan kami ikut berpartisipasi serta mendampingi para desainer NTB....
Mataram (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Nusa Tenggara Barat mempromosikan busana tenun khas NTB dalam ajang Indonesian Fashion Week (IFW) 2023  di Jakarta, 22-26 Februari.

"IFW 2023 resmi dibuka  22-26 Februari, secara offline di Jakarta Convention Centre (JCC), dan kami ikut berpartisipasi serta mendampingi para desainer NTB yang juga ikut menampilkan hasil karyanya," kata Ketua Harian Dekranasda NTB Nuryanti, dalam keterangan resmi yang diterima di Mataram, Kamis.

Ia menyebutkan terdapat 400 exhibitor yang turut memeriahkan kegiatan tersebut, salah satunya Gallery Industri NTB, 250 desainer termasuk tiga desainer NTB, yaitu Ferry Kuncoro, Erina Gallery, dan Tenun Lombok By QV.

Baca juga: Menparekraf harap industri fesyen jadi tuan rumah di negeri sendiri

Ketiga Desainer NTB tersebut tampil memukau dengan masing-masing desain busana ready to wear yang fresh.

Langkah ini, menurut Nuryanti, adalah salah satu persiapan NTB sebagai pusat industri busana Muslim yang akan berfokus menjadi pusat busana Muslim internasional.

"NTB ingin mengambil kesempatan tersebut supaya  bisa jadi pusat nasional karena potensi industri busana di NTB sangat besar," ujarnya.

Ia menambahkan busana belakangan menjadi industri yang menguntungkan di Indonesia, karena melihat pertumbuhannya selalu meningkat.

Kini busana bukan hanya sebagai kebutuhan primer saja, namun sudah menjadi kebutuhan artistik sehingga mampu mendorong pertumbuhan industri ini lebih pesat.

 2023, lanjut Nuryanti, menjadi 10 tahun peringatan digelarnya Indonesian Fashion Week dan busana NTB menjadi salah satu yang ditonjolkan.

"Busana NTB ditampilkan lewat karya binaan Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) dan Dekranasda," ujarnya.

Pembukaan IFW 2023 dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: Jokowi hargai pengembangan tenun di Jembrana

IFW 2023 diharapkan bisa membawa gairah baru dan menginspirasi pelaku industri busana juga pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk terus berkarya dan mengembangkan kreatifitas.

Kepala Dinas Perindustrian NTB sekaligus Ketua Harian Dekranasda NTB Nuryanti ikut hadir bersama Ketua Dekranasda NTB Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah.

Pewarta: Awaludin
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023