Pemprov Sumbar terus berupaya membukakan pasar bagi UMKM.
Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) mengapresiasi peran perantau yang berdomisili di luar negeri dalam upaya membukakan peluang bagi UMKM Ranah Minang, sehingga bisa merambah pasar Eropa.

"Pemprov Sumbar terus berupaya membukakan pasar bagi UMKM. Tapi untuk membuka pasar di luar negeri, butuh peran perantau yang punya jaringan luas," kata Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Sumbar Doni Rahmad Samulo, di Padang, Kamis.

Ia menyebut saat delegasi Pemprov Sumbar dan sejumlah UMKM mengikuti Expo UMAMI ARENA di Norwegia 14-17 Februari 2023, perantau Minang yang ada di negara tersebut mengambil peranan penting dalam mencarikan perusahaan "buyer".

"Ada tiga produk UMKM yang kami bawa ke Norwegia, yaitu bumbu rendang produksi Koperasi Ikaboga, lile cokelat dan kopi Solok Radjo. Tiga produk itu mendapat sambutan baik dari pengunjung dan beberapa perusahaan," katanya pula.

Bumbu rendang mendapat perhatian dari perusahaan asal Belanda yang berencana memesan satu kontainer per bulan. Prosesnya akan dibantu oleh perantau Minang Emmy Jorgensen yang menjadi pemilik perusahaan Scanesia.

Demikian juga dengan lile cokelat yang diminati oleh sejumlah perusahaan dari Norwegia, seperti Giga Boks, Lorenskog khusus untuk cokelat kalengan. Pemasarannya juga dibantu oleh Scanesia.

"Kopi Solok Radjo juga mendapatkan banyak perhatian dan telah bertukar nomor kontak dengan pembeli potensial," kata dia lagi.

Doni berharap akan semakin banyak peluang pasar bagi produk UMKM di luar negeri nantinya, dengan dukungan dari para perantau Minang di luar negeri.

Delegasi Sumbar ke Norwegia dipimpin oleh Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, dan sejumlah pejabat lainnya.
Baca juga: Produk UMKM Sumbar berpotensi jadi komoditas ekspor
Baca juga: UMKM Sumbar ekspor satu ton bumbu rendang ke Jerman

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023