Lampung Barat (ANTARA) -
"Kami yang tergabung dalam satuan tugas sahabat satwa Lembah Suoh, dan dari perwakilan Barisan Selatan (Barista) melakukan audiensi terkait penanganan gajah liar di Suoh," kata Camat Suoh Davet Jakson di Lampung Barat, Jumat.

Ia menjelaskan, bahwa semenjak kemunculan gajah liar di Suoh dan Bandar Negeri Suoh selama lebih kurang tiga tahun ini, telah terbentuk relawan satgas sahabat satwa lembah Suoh yang merupakan gabungan dari enam Pekon dari dua Kecamatan yakni Suoh dan Bandar Negeri Suoh.

"Jadi semenjak kemunculan gajah liar dari tahun 2019 lalu, terbentuk lah relawan yang diberi nama satgas sahabat satwa Lembah Suoh untuk mengawasi gerak gerik kawanan gajah yang kerap masuk ke pemukiman," kata dia.

Baca juga: Lampung Barat koordinasi dengan Pemprov Lampung atasi konflik gajah

Baca juga: GPS Collar Untuk Gajah Liar di Lampung Barat Segera Dipasangkan


Namun, sejauh ini yang menjadi kendala yakni mengenai anggaran.

"Jadi selama ini relawan satgas satwa Lembah Suoh mendapat dukungan dari Barista yang sudah berjalan semenjak Maret 2022 lalu, akan tetapi berakhir di bulan Juni mendatang," katanya.

Menurutnya, mengingat dalam menangani konflik gajah liar tersebut, membutuhkan anggaran.

Dirinya berharap Pemerintah Kabupaten Lampung Barat ke depannya memberi dukungan, salah satunya berupa pembinaan bidang usaha jangka cepat, menengah dan lama.

"Apabila satgas ini tidak ada bimbingan dari pemerintah Kabupaten Lampung Barat terkait keberlangsungan anggaran dikhawatirkan semangat mereka yang menurun," ujar Davet.

Menanggapi hal tersebut, Pj Sekretaris Daerah Pemkab Lampung Barat Adi Utama mengatakan, permasalahan dalam penanganan gajah liar tersebut, memang sudah cukup lama, kendati selama ini Pemerintah Kabupaten Lampung Barat sudah melakukan upaya-upaya untuk melakukan penanganan.

"Bahkan kita sudah pernah melakukan koordinasi kepada Kementerian Lingkungan Hidup termasuk dengan Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Sudin, namun waktu itu terkendala karena masih adanya wabah COVID-19," kata Adi.

Dirinya mengatakan mengenai usulan relawan satgas satwa Lembah Suoh akan menjadi wacana serta segera dipelajari Pemkab Lampung Barat untuk kedepannya.

"Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Lampung Barat menyampaikan terimakasih atas kerja keras saudara-saudara selama ini dalam menangani konflik gajah, kedepannya akan segera kita carikan solusi nya terkait permasalahan yang terjadi selama ini," ujar dia.*

Baca juga: Kawanan gajah liar resahkan warga di Lampung Barat

Baca juga: Antisipasi gajah liar, pendirian ERU di Lampung Barat mendapat dukungan pemerintah

Pewarta: Riadi Gunawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023