Tidak hanya hotel berbintang, homestay di sekitar Balige semua sudah penuh terisi
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan tingkat keterisian penginapan di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, lokasi ajang Kejuaraan Dunia Perahu Motor Cepat F1 PowerBoat sudah terpesan semua.

“Tidak hanya hotel berbintang, homestay di sekitar Balige semua sudah penuh terisi, sehingga masyarakat merasakan sekali dampak penyelenggaraan ajang internasional F1 PowerBoat,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat.

Dampak kehadiran F1 PowerBoat dirasakan langsung masyarakat, salah satunya Saria Pangaribuan (56) pemilik Homestay Zamora yang berada di Tambunan Lumban Gaol, jaraknya 4 kilometer dari lokasi acara.

Saria mulanya pesimis penginapan miliknya yang jauh dari kota atau venue acara bisa laku terpesan oleh wisatawan, namun menjelang penyelenggaraan, tidak hanya homestay miliknya, sebanyak 75 unit homestay di kampungnya juga ludes dipesan hingga ajang selesai di tanggal 26 Februari 2023.

“Senang kali, enggak menyangka kami di kampung sini bisa mendapat tamu dari ajang F1 PowerBoat ini, kami kira hanya di kota sana. Masyarakat di sini senang setidaknya perekonomian kami membaik,” ujarnya.

Baca juga: Luhut ingin F1 Bowerboat jadikan Toba destinasi favorit wisatawan

Baca juga: F1 Powerboat Toba Sumut diyakini mampu dongkrak kunjungan wisatawan


Saria mengatakan homestay yang ia miliki biasanya ramai digunakan saat hari-hari besar atau tahun baru dengan kisaran harga Rp150 ribu sampai Rp250 ribu per malam, namun saat ajang itu digelar, ia menjual dengan harga Rp350 ribu-Rp400 ribu.

“Harga itu sudah ditetapkan oleh dinas, dan kami taat, tidak ada yang melebihi batas yang sudah ditentukan. Kami juga sebelumnya diberi pelatihan oleh Dinas Pariwisata tentang bagaimana melayani tamu, tetap ramah, hingga menjaga kebersihan agar tamu bisa puas dan kembali lagi,” ujarnya.

Saria dan masyarakat di sekitar Danau Toba secara umum menginginkan ajang internasional tidak hanya F1 PowerBoat saja yang ada di daerah itu.

“Kami bersyukur, benar-benar bersyukur. Kalau bisa Pak Jokowi dan pemerintah, tidak hanya event ini saja. Tapi ada event-event lain yang digelar di Danau Toba. Sehingga Danau Toba semakin terkenal dan kami juga merasakan dampaknya,” katanya.

Baca juga: Sandi bawa tamu dari Timur Tengah dan ASEAN nikmati F1 PowerBoat

Baca juga: Sandiaga ungkap perizinan event bakal dikemas secara digital


Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023