Kami berharap kegiatan semacam IBEA ini dapat membantu percepatan transisi menuju energi terbarukan
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengharapkan ajang "Indonesia Best Electricity Award (IBEA) berperan dalam percepatan transisi menuju energi terbarukan.

Perhelatan Indonesia Best Electricity Award (IBEA) 2023 merupakan ajang penghargaan perusahaan di sektor ketenagalistrikan, lanjut Rida dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, juga menjadi salah satu upaya dalam mendorong transformasi transisi energi hijau di Tanah Air.

"Kami berharap kegiatan semacam IBEA ini dapat membantu percepatan transisi menuju energi terbarukan," ujarnya.

Menurut dia, sekitar 86 persen sumber energi yang digunakan di Indonesia berasal sumber fosil, sedangkan 14 persen lainnya dari energi baru dan terbarukan.

Sementara itu, tambahnya, 86 persen energi fosil juga didominasi oleh batu bara yang mencapai 66 persen yang turut menjadi penyumbang terbesar perubahan iklim.

"Untuk memerangi masalah tersebut (dominasi energi fosil) diperlukan kerja sama semua pihak. Ada pemerintah, BUMN, swasta, akademisi, dan masyarakat luas termasuk rekan media seperti yang telah dilakukan dalam penyelenggaraan IBEA (Indonesia Best Electricity Award),” tuturnya saat menutup acara IBEA 2023, Kamis (23/2).

Baca juga: Dirut PLN raih penghargaan pemimpin inovatif wujudkan transisi energi

Baca juga: Sumbar tawarkan potensi energi terbarukan kepada investor Norwegia


Managing Director Listrik Indonesia Irwadhi Marzuki menuturkan ajang IBEA 2023 menjadi momentum semua pelaku usaha sektor kelistrikan dan energi untuk mendukung upaya pemerintah dalam mendorong penurunan emisi karbon melalui transisi energi baru dan terbarukan.

"IBEA 2023 memberikan apresiasi tertinggi kepada perusahaan dan perorangan yang telah menunjukkan komitmen dalam membangun negeri melalui sektor kelistrikan dan energi," katanya.

Puncak kegiatan IBEA 2023 adalah dengan terpilihnya para pemenang IBEA 2023 sesuai dengan kategori. Para Dewan Juri IBEA 2023 yang beranggotakan 19 pakar di bidang kelistrikan dan energi, telah melalukan penilaian akhir melalui presentasi dalam simposium sejak 22 – 23 Februari 2023 terhadap 30 perusahaan yang menjadi Finalis IBEA 2023.

Dewan Juri telah memutuskan para Juara IBEA 2023 untuk 5 Kategori yang diperebutkan, Katgerori Best of the Best IBEA 2023,Kategori the Best Electricity Supporting Company,Kategori the Best O&M Company,Kategori the Best EPC Company dan Kategori the Best Power Plant Company (Non-Renewable Energy).

Selain itu juga ada penghargaan Special Award, dan Apresiasi dari Majalah Listrik Indonesia. Salah satu penerima Apresiasi dan pengharagaan diberikan kepada Direktur Utama di PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo, Ph.D, sebagai “Innovation Leader in Implementing Energy Transition in Indonesia”.

Baca juga: Sri Mulyani: RI miliki potensi besar dalam peralihan energi terbarukan

Baca juga: Pembahasan RUU EBET ditargetkan rampung September 2023

 

Pewarta: Subagyo
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023