Kita punya banyak potensi energi terbarukan diantaranya panas bumi, PLTMH, tenaga matahari (solar cell) hingga energi gelombang laut. Investor dari Norwegia tertarik pada hal ini
Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menawarkan peluang investasi kepada sejumlah perusahaan Norwegia untuk mengelola energi terbarukan di daerah itu.

"Kita punya banyak potensi energi terbarukan diantaranya panas bumi, PLTMH, tenaga matahari (solar cell) hingga energi gelombang laut. Investor dari Norwegia tertarik pada hal ini," kata Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy di Padang, Jumat.

Ia menyebut peluang inventasi itu ditawarkan dalam temu bisnis di Norwegia pada 16 Februari 2023 yang difasilitasi perantau Minang di negara tersebut, Arswendi yang tergabung dalam Indonesia Norway Society (INS).

Temu bisnis dilakukan di Aker Solution diikuti beberapa perusahaan diantaranya Norfund, NORAD, Norwegian Solar, NPC Group, Ocean Sun, Scatec Solar, dan Tinfos (Perusahaan Permodalan Investasi Norwegia).

"Beberapa perusahaan ini menyatakan ketertarikannya dan akan datang ke Sumbar untuk melanjutkan pembicaraan dan peninjauan lokasi dalam rangka penjajakan rencana investasi," kata Audy.

Ia menyebut rata-rata perusahaan itu tertarik untuk berinvestasi di Kabupaten Kepulauan Mentawai yang masih memiliki potensi besar untuk dikembangkan.

Mentawai merupakan daerah pariwisata yang masih membutuhkan pasokan listrik sebagai hasil akhir dari pengelolaan energi terbarukan.

Sementara untuk daerah lain di Sumbar, rata-rata sudah surplus listrik sehingga potensi pengembangannya dinilai tidak terlalu besar.

Apalagi ada regulasi tentang offtaker energi yang dikelola oleh PLN, sehingga peluang investasi juga akan tergantung kepada kesediaan PLN membeli energi yang diproduksi investor ini.

Kepala Biro Pemerintahan Sumbar, Doni Rahmad Samulo yang ikut dalam delegasi Sumbar ke Norwegia menyebut provinsi itu sangat serius untuk menggaet investasi dari luar untuk mendongkrak perekonomian daerah.

Banyak kerja sama yang telah dilakukan dengan berbagai pihak demi mengembangkan potensi yang ada di daerah.

Baca juga: UNP jalin kerja sama Kementerian ESDM bangun energi baru terbarukan

Baca juga: Arcandra Tahar: Sumbar punya potensi energi terbarukan panas bumi

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023