New York (ANTARA) - Pemerintah Amerika Serikat (AS), selain juga perusahaan farmasi, sebagian besar harus disalahkan atas harga obat-obatan yang tinggi di negara itu, menurut laporan The USA Today.

Salah satu penyebab utama tingginya harga obat-obatan ialah karena pemerintah federal melindungi industri farmasi dari persaingan di luar negeri.

"Penyebab terbesar mengapa harga obat-obatan melambung tinggi adalah Undang-Undang Hatch-Waxman 1984 yang memungkinkan para produsen obat untuk mempertahankan monopoli produk baru sampai paten mereka berakhir," ungkap laporan itu.

Produsen obat-obatan belajar untuk memperluas perlindungan paten dan meningkatkan kontrol mereka terhadap obat dengan mengotak-atik produk mereka dengan berbagai cara sepele, seperti mengganti lapisan pil dan kemudian mengajukan paten lain.

Selain itu, Medicare dan Medicaid juga sama-sama patut disalahkan atas tingginya harga, karena peraturan tersebut memberikan insentif kepada perusahaan-perusahaan farmasi untuk mempertahankan harga obat lebih tinggi dari yang diperlukan.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023