Jakarta (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta yang kini dipimpin Arlyana Abubakar diharapkan terus memperkuat sinergi dengan berbagai pihak untuk membangun perekonomian Jakarta.

Terlebih, kata Deputi Gubernur BI Juda Agung, DKI Jakarta merupakan wilayah yang sangat penting sebagai wilayah yang menyumbang setidaknya 17 persen dari total perekonomian Indonesia.

"Ke depannya, diharapkan koordinasi, sinergi dan kolaborasi terus dikembangkan dan diperkuat oleh Arlyana Abubakar, sebagai pemegang tongkat estafet kepemimpinan KPw BI Provinsi DKI Jakarta," kata Juda dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Dia juga berharap Kantor Perwakilan (KPw) BI DKI menyelesaikan berbagai inisiatif dan memberikan kontribusi nyata guna terus membangun perekonomian di DKI Jakarta.

Juda Agung juga menyampaikan bahwa dalam mengawal perekonomian, terdapat tiga hal yang harus diteruskan untuk meningkatkan kontribusi Bank Indonesia (BI) kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Baca juga: BI DKI perkuat koordinasi untuk mengakselerasi pemulihan ekonomi
Baca juga: BI DKI dorong momentum pemulihan ekonomi Jakarta

Pertama, mengimplementasikan peran sebagai penasihat strategis (strategic advisor) yang kredibel dan dapat diandalkan. Kedua, memperkuat langkah-langkah koordinasi dalam pengendalian inflasi.

Ketiga, mendorong digitalisasi daerah, terlebih DKI Jakarta memiliki dukungan infrastruktur dan literasi digital yang sangat baik. "Ketiga hal tersebut perlu diimplementasikan melalui sinergi dan kolaborasi yang erat dengan berbagai pihak terkait di DKI Jakarta," katanya.

Juda juga menjelaskan, Arlyana Abubakar
menggantikan Onny Widjanarko yang telah memasuki masa purna tugas dan mendapat amanah lain dari Bank Indonesia.

Pengukuhan ini merupakan tindak lanjut dari pelantikan dan serah terima jabatan pada 4 Januari 2023 oleh Gubernur Bank Indonesia kepada 26 pimpinan satuan kerja di Kantor Pusat maupun di Kantor Perwakilan Dalam Negeri.

Juda Agung mengapresiasi Onny Widjanarko atas kontribusi dan kinerja terbaik yang telah diberikan semasa memangku jabatan sebagai Kepala KPw BI Provinsi DKI Jakarta.

Pengukuhan tersebut dihadiri oleh anggota Komisi XI DPR RI, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, Forkopimda Provinsi DKI Jakarta, pimpinan satuan kerja Bank Indonesia, pimpinan perbankan serta mitra strategis Bank Indonesia di wilayah kerja KPw BI Provinsi DKI Jakarta.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023