Imbauan kami, nelayan harus waspada gelombang tinggi di perairan Natuna pada tanggal 26 Februari sampai dengan 1 Maret
Natuna, Kepri (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorlogi kelas III Ranai Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) megimbau nelayan Natuna dengan mengeluarkan surat peringatan dini angin kencang dan gelombang tinggi hingga mencapai 6 meter.

"Imbauan kami, nelayan harus waspada gelombang tinggi di perairan Natuna pada tanggal 26 Februari sampai dengan 1 Maret," kata Kepala Stasiun Meteorlogi kelas III Ranai Natuna, Feriomex Hutagalung di Natuna, Sabtu.

Berdasarkan surat peringatan yang dikeluarkan, tinggi gelombang mencapai 4 hingga 6 meter berpeluang terjadi di perairan Natuna dari utara ke timur laut dengan kecepatan angin mulai 5 s.d 40 knot dan terpantau kecepatan angin paling tinggi di Laut Natuna Utara.

BMKG meminta warga setempat dan para pelaut untuk memperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran, terutama perahu nelayan harus mewaspadai kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Sementara untuk jenis kapal tongkang waspada dengan perhatikan kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter, serta Kapal Ferry waspada kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Sedangkan untuk kapal ukuran besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar perlu diperhatikan jika kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

BMKG juga memberikan peringatan terjadinya gelombang tinggi 2,5 hingga 4 meter berpeluang terjadi di laut dan perairan selatan Natuna, perairan Pulau Midai, perairan Kepulauan Subi dan Serasan.

Sementara untuk tinggi gelombang 4 s.d 6 meter terjadi di peraiaran Laut Natuna Utara, Natuna bagian barat dan perairan utara Natuna.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cuaca di wilayah Natuna dapat menghubungi BMKG Natuna di nomor HP 0811-7778-424 atau bisa juga lihat di IG bmkgranai dan Facebook BMKG yaitu infobmkgranai serta website BMKG, demikian Feriomex Hutagalung.

Baca juga: Angin kencang, KM Sabuk Nusantara batal layani rute Pulau Laut Natuna

Baca juga: Gelombang setinggi hingga enam meter berpeluang menghampiri perairan Natuna

Baca juga: Peringatan dini gelombang Laut Natuna Utara mencapai 6 meter

Baca juga: BMKG: Waspada gelombang tinggi hingga enam meter di Natuna

Pewarta: Cherman
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023