Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 500 petugas pemadam kebakaran dari 50 kota di Indonesia mengikuti "Fire Skill Competition" di Gedung Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta di Jakarta Pusat, pada Minggu.

"Ini adalah uji tanding kemampuan para petugas damkar dengan metode uji tertentu sehingga kita mengetahui sudah sejauhmana kemampuan dasar dan lanjutan dari petugas pemadam kita," kata Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Safrizal saat ditemui di gedung Dinas Gulkarmat DKI Jakarta.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke-104 Pemadaman Kebakaran pada 1 Maret 2023.

Beragam jenis perlombaan dipertunjukkan dalam kegiatan hari ini. Mulai dari proses pemadatan, evakuasi korban di beragam medan hingga keahlian menelusuri medan kebakaran.

Baca juga: DKI bangun dua pos gulkarmat untuk tingkatkan layanan siaga di Jaksel
Baca juga: Dosen dan mahasiswa Unpas ciptakan alat pemadam kebakaran portabel

Safrizal melanjutkan, kegiatan ini baru kembali digelar tahun 2023 setelah sebelumnya vakum di tahun 2021 dan 2022 karena pandemi COVID-19.

​​​Sebelum pandemi, kegiatan ini sempat digelar di Bantul dengan peserta dan cabang perlombaan yang lebih sedikit.

Dengan adanya kegiatan ini, dia berharap seluruh keahlian pemadaman kebakaran dapat terlihat sehingga pihaknya bisa memetakan wilayah yang terbaik.

Selain itu, perlombaan ini juga diharapkan dapat memacu semangat personel yang lain dalam melakukan pemadaman dan penyelamatan demi melayani warga. Setiap pemenang mendapatkan penghargaan khusus sebagai bentuk apresiasi dari Kemendagri.

"Bagi dia sebagai ASN atau petugas damkar ini bisa dijadikan sebagai prestasi yang bersangkutan. Bagi daerah ini kebanggaan, tanda bahwa pembinaan di daerah itu berhasil," kata dia.
 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023