Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo mengatakan pemerintah akan menjajaki seluruh ajang olahraga internasional, termasuk balap mobil Formula 1 (F1) untuk sekaligus mempromosikan destinasi wisata melalui sport tourism.

Demikian disampaikan Presiden Joko Widodo usai menyaksikan ajang Kejuaraan Dunia F1 Powerboat (F1H2O) di Danau Toba, Sumatera Utara, Minggu.

“Ya semua kita jajaki, semua kita jajaki karena membawa brand-brand kuat seperti F1 Powerboat ini tidak mudah. Kita ingin menarik Formula 1 untuk masuk ke Indonesia, mungkin tahun depan,” ujar Presiden dalam keterangannya sebagaimana dipantau melalui tayangan Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Minggu.

Menurut Presiden, upaya untuk menghadirkan balap mobil Formula 1 di Indonesia masih dalam penjajakan. Pemerintah baru menyiapkan tim untuk mengupayakan hal tersebut.

Baca juga: Presiden tiba di Pelabuhan Muliaraja Napitupulu jelang balapan F1H2O
Baca juga: Presiden kunjungi Sumut saksikan kejuaraan F1 Powerboat


“Ini baru, ya baru penjajakan, ya baru menyiapkan tim untuk menuju ke sana,” jelasnya.

Terkait ajang F1H20 yang baru pertama kali disaksikan, Jokowi mengakui Balap F1 Powerboat sangat seru. Dia berharap ajang-ajang olahraga internasional bisa membangun nama baik setiap daerah.

“Di sini di Danau Toba ada F1 Powerboat, di Mandalika ada MotoGP, di Jakarta ada Formula-E , nanti di Mandalika ada Superbike. Saya kira ini akan men-trigger ekonomi di daerah. Sangat bagus sekali,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui pemerintah tengah gencar berupaya menggelar ajang-ajang olahraga internasional melalui kegiatan sport tourism, yakni ajang olahraga internasional yang sekaligus mempromosikan destinasi wisata di daerah.

Salah satu yang sukses dilaksanakan, yakni perhelatan MotoGP Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, tahun 2022.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2023