Martapura (ANTARA) - Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru meresmikan enam pembangunan proyek infrastruktur di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur yang dibangun pada 2022 lalu.

"Setelah penantian cukup panjang akhirnya enam proyek infrastruktur di Kabupaten OKU Timur hari ini diresmikan dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Herman Deru di Martapura, Kabupaten OKU Timur, Minggu.

Peresmian infrastruktur yang dipusatkan di Desa Sukosari, Kecamatan Belitang itu meliputi pembangunan perumahan dan pemukiman, sektor sumber daya air, perhubungan, kesehatan, komunikasi dan informatika, serta Mall Pelayanan Terpadu.

Enam proyek pembangunan yang didanai melalui APBD Provinsi Sumsel tahun anggaran 2022 itu dalam upaya meningkatkan pelayanan bagi masyarakat di wilayah itu.

Deru ingin infrastruktur yang telah diresmikan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan sebaik-baiknya dan diharapkan pula berdampak pada peningkatan produktivitas warga baik di bidang pertanian, perkebunan dan industri kreatif lainnya.

"Mudah-mudahan upaya dari pemerintah ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya meningkatkan perekonomian warga OKU Timur," harapnya.

Sekretaris Dinas PUBM-TR Sumsel, Novian Aswardani dalam laporannya mengatakan dalam pembangunan infrastruktur di OKU Timur tersebut Pemprov Sumsel menggelontorkan dana sebesar Rp359.836.332.309 menggunakan APBD tahun anggaran 2022.

Sedangkan, untuk bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi Sumsel tahun 2023 sebesar Rp104.999.973.200 yang diperuntukkan untuk sektor jalan, perumahan dan permukiman, sumber daya air, kesehatan, komunikasi informatika, dan sektor perhubungan.

"Pembangunan infrastruktur ini dilakukan untuk mempercepat pengendalian inflasi, pengentasan kemiskinan, peningkatan konektivitas, pelayanan masyarakat dan peningkatan pengelolaan potensi daerah," ujarnya.

Sementara, Bupati OKU Timur Lanosin Hamzah dalam sambutannya mengatakan,  pembangunan infrastruktur di Kabupaten OKU Timur ini sangat dìperlukan guna meningkatkan pelayanan dan menggeliatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

Menurut dia, sejak kepemimpinan Gubernur Sumsel Herman Deru telah banyak membantu dalam dalam mendanai menggunakan APBD Provinsi Sumsel untuk peningkatan pembangunan infrastruktur di OKU Timur mulai dari jalan dan jembatan yang saat ini sudah memadai.

"Selain infrastruktur yang diresmikan hari ini sudah banyak sekali pembangunan di OKU Timur yang dibantu melalui dana APBD Provinsi Sumsel," katanya.

Bahkan, bertepatan pada HUT Kabupaten OKU ke-18 tahun 2022 lalu menjadi kado istimewa bagi masyarakat di daerah ini dengan diresmikannya pembangunan infrastruktur meliputi, jalan, jembatan, normalisasi sungai, pengembangan sistem air bersih dan infrastruktur lainnya.

"Sejak tahun 2004 baru saat ini OKU Timur merasa merdeka dengan banyaknya pembangunan yang disupport oleh Gubernur Sumsel," ujarnya.

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023