Singapura (ANTARA) - Harga minyak stabil di awal perdagangan Asia pada Selasa pagi, setelah jatuh karena data manufaktur AS yang kuat meningkatkan kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga lebih lanjut yang mengurangi permintaan, sementara analis memperkirakan peningkatan lagi dalam persediaan minyak mentah Amerika.

Minyak mentah berjangka Brent untuk bulan April, yang akan berakhir pada Selasa, turun 20 sen menjadi diperdagangkan di 82,25 dolar AS per barel pada pukul 01.37 GMT, memperpanjang penurunan 0,9 persen di sesi sebelumnya. Kontrak Mei yang lebih aktif naik 4 sen menjadi diperdagangkan di 82,08 dolar AS per barel.

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS naik 11 sen menjadi diperdagangkan di 75,79 dolar AS per barel.

Ancaman lebih banyak kenaikan suku bunga AS menyusul pesanan baru yang lebih kuat dari perkiraan untuk barang modal inti manufaktur AS pada Januari membatasi harga minyak, sementara Gubernur Fed Philip Jefferson mengatakan inflasi untuk jasa-jasa di Amerika Serikat tetap "sangat tinggi. "

"Angka inflasi yang lebih kuat dari perkiraan menimbulkan kekhawatiran tentang kenaikan suku bunga lebih lanjut, yang telah membatasi permintaan di AS," kata analis ANZ dalam catatan klien.

Namun, kemungkinan pertumbuhan upah yang lebih lambat dapat membantu membatasi inflasi, membuat minyak mentah tidak bergerak lebih rendah.

Pasar akan menantikan data stok minyak AS terbaru dari kelompok industri American Petroleum Institute (API) pada Selasa dan Badan Informasi Energi pemerintah pada Rabu (1/3/2023) untuk indikator permintaan lebih lanjut.

Sebuah jajak pendapat awal Reuters menunjukkan para analis memperkirakan stok minyak mentah tumbuh sebesar 400.000 barel dalam seminggu hingga 24 Februari, yang akan menandai peningkatan minggu kesepuluh berturut-turut.

Tujuh analis yang disurvei juga memperkirakan stok bensin naik sekitar 700.000 barel.

Membantu menurunkan harga, persediaan sulingan, yang meliputi solar dan minyak pemanas, diperkirakan turun sekitar 500.000 barel minggu lalu.


Baca juga: Harga minyak jatuh terseret kekhawatiran kenaikan suku bunga AS
Baca juga: Minyak turun tertekan penguatan dolar, abaikan pengurang pasokan Rusia
Baca juga: Harga minyak menguat didukung prospek ekspor Rusia yang lebih rendah

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023