Jakarta (ANTARA) - Pakar hidrologi dan sumber daya air Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Yanto, Ph.D. menekankan mengenai pentingnya penataan ruang berbasis mitigasi bencana sebagai salah satu upaya pengurangan risiko bencana banjir.

"Salah satu upaya mitigasi banjir yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah penataan ruang yang berbasis mitigasi bencana," kata Yanto dihubungi dari Jakarta, Selasa.

Dosen Fakultas Teknik Jurusan Teknik Sipil Unsoed itu menjelaskan mitigasi bencana banjir sangat diperlukan menyusul peningkatan intensitas curah hujan beberapa waktu belakangan.

"Hal yang harus diwaspadai adalah meningkatnya hujan ekstrem, baik dari intensitas hujannya maupun frekuensi kejadiannya. Dampak yang langsung bisa ditimbulkan adalah bencana banjir bandang," katanya.

Baca juga: Perencanaan mitigasi perlu data terukur, kurangi risiko bencana

Selain penataan ruang berbasis mitigasi bencana, beberapa upaya mitigasi banjir lainnya yang dapat dilakukan oleh pemerintah adalah pemulihan lahan kritis serta pembangunan infrastruktur air, seperti waduk, bendungan, bendung, situ, embung, dan lain sebagainya.

"Selain itu, pengelolaan infrastruktur air yang berbasis perubahan iklim serta perbaikan jaringan drainase," katanya.

Yanto menambahkan bahwa pemerintah juga perlu melakukan upaya pengurangan risiko bencana, antara lain melalui pengembangan sistem peringatan dini banjir hingga peningkatan kualitas sistem informasi cuaca dan bencana.

"Kemudian, pemberdayaan masyarakat agar lebih siaga bencana, baik melalui pendidikan maupun pelatihan serta pengembangan infrastruktur evakuasi bencana," katanya.

Sementara itu, Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengingatkan seluruh pemangku kepentingan, khususnya pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana hidrometeorologi.

Baca juga: Jokowi: Konservasi air hingga mitigasi bencana jadi isu prioritas WWF

Baca juga: Kemenko PMK: Mitigasi bencana salah satu program prioritas 2023


Asisten Deputi Mitigasi Bencana dan Konflik Sosial Kemenko PMK, Andre Notohamijoyo mengatakan meskipun saat ini sudah berada pada penghujung musim hujan, tetap harus waspada terhadap potensi bencana hidrometeorologi.

Andre Notohamijoyo menjelaskan bencana banjir yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia pada Februari 2023 merupakan peringatan bagi seluruh pemangku kepentingan untuk tetap meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana yang terjadi.

Dia mengatakan bahwa pemerintah daerah yang memiliki risiko tinggi atau rentan terhadap terjadinya bencana hidrometeorologi harus melakukan langkah-langkah mitigasi serta meningkatkan kesiapsiagaan berdasarkan risiko bencananya.

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023