guru besar harus terus berkarya
Surabaya (ANTARA) - Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengukuhkan empat guru besar baru melalui Rapat Terbuka Senat Akademik Unesa di kampus setempat, Jawa Timur, Selasa.

Guru besar yang dikukuhkan adalah Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd., Guru Besar Bidang Manajemen Pendidikan Khusus; Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si., Guru Besar Bidang Ilmu Konseling Individu; Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd., Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Kimia dan Prof. Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd., Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen Pendidikan Seni.

Rektor Unesa Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., mengatakan gelar guru besar bukan gelar sembarangan, tidak semua bisa menggapainya. Pemilik gelar tersebut adalah orang terdidik, ilmuwan yang berdedikasi tinggi untuk kemaslahatan masyarakat luas.

"Masyarakat selalu menunggu karya dan kontribusi guru besar karena di balik mereka ini ada keilmuan, kearifan, dan perubahan," ucap Cak Hasan, sapaannya.

Baca juga: Universitas Negeri Surabaya kukuhkan empat guru besar baru
Baca juga: Hasil riset Guru Besar Unesa terbukti tingkatkan imunitas tubuh Penambahan guru besar menjadi kekuatan dan ujung tombak pengembangan iptek dan inovasi Unesa. Cak Hasan berharap guru besar yang dilantik membawa sejumlah terobosan di bidangnya masing-masing sebagai penguatan Unesa PTNBH menuju world class university.

"Guru besar harus terus berkarya dan turut aktif dalam pembangunan nasional. Profesor menjadi produsen ilmu pengetahuan dan tauladan dalam kepribadian. Lingkungan akademik yang kondusif dan produktif harus terus dirawat dengan baik arahnya yaitu mendorong prestasi dan produktivitas mahasiswa, dosen maupun lembaga," kata dia.

Dia berharap para dosen dan guru besar Unesa semakin produktif melakukan riset dan melahirkan makin banyak lagi publikasi yang dapat meningkatkan indeks Unesa di tingkat internasional.

Karena itulah, pihaknya mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk riset maupun publikasi yang bisa termuat di jurnal bereputasi internasional atau buku-buku yang berkualitas. Dia menegaskan, Unesa memfasilitasi riset dan publikasi para guru besar agar semakin expert di bidangnya.

Baca juga: Unesa tambah daya tampung mahasiswa baru
Baca juga: Unesa heningkan cipta saat prosesi wisuda untuk sastrawan Budi Darma

Pada pengukuhan tersebut, Prof. Dr. Sujarwanto, M.Pd., Guru Besar dalam Bidang Manajemen Pendidikan Khusus, menyampaikan pidato "Perilaku Organisasi Pengelolaan Perguruan Tinggi Ramah Disabilitas".

Prof. Dr. Mochamad Nursalim, M.Si., Guru Besar Bidang Ilmu Konseling Individu, memaparkan pidato tentang "Meramu Model Konseling Traumatis Terintegrasi yang Manjur".

Kemudian, Prof. Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd., Guru Besar Bidang ilmu Manajemen Pendidikan Seni berjudul "Manajemen Pelestarian Seni Pertunjukan Melalui Sanggar Seni di Jawa Timur".

Sementara Prof. Dr. Utiya Azizah, M.Pd., Guru Besar Bidang Ilmu Pendidikan Kimia memaparkan pidato tentang "Pemecahan Masalah Kimia Berbasis Keterampilan Metakognitif untuk Membangun Kemandirian Belajar di Era Disrupsi".

Baca juga: Mendes PDTT resmikan program RPL Desa di Unesa
Baca juga: Kasad ajak mahasiswa Unesa jadi garda depan penjaga nilai Pancasila
Baca juga: UIN Datokarama gandeng Unesa kembangkan publikasi karya ilmiah

 

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023