Kaimana (ANTARA) - Kalangan DPRD Kabupaten Kaimana, Provinsi Papua Barat mendukung penuh langkah Pemda setempat untuk mengembangkan sektor pariwisata guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Anggota DPRD Kaimana Hengky Murmana di Kaimana, Rabu, mengatakan pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Kaimana sangat penting dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak demi mendongkrak pertumbuhan ekonomi daerah.

Hanya saja, Hengky mengingatkan Pemkab Kaimana agar melakukan koordinasi dengan para pemilik hak wilayah (hak ulayat) atas lokasi atau kawasan pariwisata dan tetap ciri khas budaya Kaimana.

"Tentu kami mengapresiasi pemerintah daerah dalam pengembangan kepariwisataan. Kami ingatkan agar penentuan destinasi pariwisata perlu adanya koordinasi baik dengan pemilik hak wilayah sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari," katanya.

Sejumlah fraksi di DPRD Kaimana juga mendukung penuh program pemerintahan Bupati Freddy Thie dan Wakil Bupati Hasbulla Furuada untuk menjadikan Kaimana sebagai daerah pariwisata.

Dukungan itu antara lain disuarakan oleh Fraksi Golkar dan Fraksi Demokrat DPRD Kaimana saat rapat pengesahan APBD Kaimana tahun anggaran 2023 baru-baru ini.

Anggota DPRD Kaimana Fatamsya Furu mengusulkan perlunya manajemen pengelolaan pariwisata yang profesional agar memberikan dampak positif bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan perekonomian masyarakat di Kabupaten Kaimana.

Bupati Kaimana Freddy Thie menyebut pembangunan di bidang pariwisata tujuan akhirnya yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat lokal Kaimana.

Pembangunan pariwisata di Kaimana, katanya, telah sesuai tema pembangunan tahun 2023 sebagaimana termuat dalam RPJMD Kabupaten Kaimana 2021-2026 yakni memastikan kontinuitas dan peningkatan pada prioritas pembangunan daerah.


Dalam RPJMD  (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) diikuti pengembangan pariwisata, pusat pertumbuhan ekonomi wilayah melalui sentra ekonomi, pengembangan arus pelayaran dan penyediaan hub energi.

Mengacu pada RPJMD Kaimana itu, pengembangan pariwisata difokuskan pada pengembangan kawasan strategis pariwisata (KSP) dan pemberdayaan pada lima titik.

"Berdasarkan itu dapat kita simpulkan bahwa pengembangan pariwisata merupakan bidang yang menjadi prioritas pembangunan tahun 2023 maka tentu harus disertai dengan pendanaan yang memadai," ujar Freddy.

Baca juga: Kaimana dorong masterplan pariwisata jadi Perda

Baca juga: Papua Barat alokasikan Rp6 miliar untuk Sail Teluk Cendrawasih 2023

 

Pewarta: Evarianus Supar
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023