Sebelum melakukan donor darah, 200 peserta diharuskan mengikuti tes kesehatan terlebih dahulu
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Barat (Pemkot Jakbar) menggelar kegiatan donor darah massal melibatkan 200 Aparatur Sipil Negara (ASN) bertempat di kantor wali kota, Kamis.

"Ini kegiatan donor darah yang diikuti ASN pemerintah kota se kecamatan Kembangan. Kegiatan juga merupakan bentuk kerjasama dengan Korps Alumni Mahasiswa Islam (KAHMI) Jakarta Barat," kata Sekretaris Kota Jakarta Barat, Iin Mutmainah di Jakarta, Kamis.

Iin menjelaskan penyelenggaraan kegiatan ini untuk memenuhi stok darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Barat.

Sebelum melakukan donor darah, 200 peserta diharuskan mengikuti tes kesehatan terlebih dahulu.

Dari tes kesehatan tersebut, petugas menyaring peserta yang dinilai layak untuk mengikuti donor darah dalam artian tekanan darah normal serta sedang tidak memiliki riwayat penyakit kekentalan darah. .

Jika peserta tidak memiliki gejala tersebut, maka proses donor darah bisa berlanjut. Mereka yang sudah diambil darahnya nanti akan diberikan makanan untuk menguatkan tubuh.

Iin pun mengapresiasi peserta dari kalangan ASN yang antusias dalam kegiatan donor darah massal ini. Dengan kegiatan ini, dia berharap stok darah di PMI Jakarta Barat selalu tersedia untuk masyarakat dan rumah sakit yang membutuhkan.

Di saat yang sama, Ketua Musyawarah Daerah KAHMI Jakarta Barat, Heru Sutrianto mengaku program ini merupakan bagian dari kegiatan tahunan pihaknya dalam bidang sosial.

Dia memastikan tahun ini akan ada banyak kegiatan sosial yang akan dilakukan KAHMI di lingkungan kampus ataupun pemerintahan.

"Dalam waktu kurun lima tahun ini, KAHMI akan menggerakkan semua kader yang ada di kampus maupun di pemerintahan maupun kalangan profesional, untuk mendorong atau mendukung kegiatan sosial,” jelas dia.
Baca juga: PMI Jakbar optimis himpun lebih dari 4.000 kantong darah tiap bulan
Baca juga: PMI siapkan posko bantuan untuk korban banjir di Jakarta Barat
Baca juga: Warga Taman Sari galang bantuan untuk korban gempa di Cianjur

Pewarta: Walda Marison
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023