Jakarta (ANTARA) - DPP PDI Perjuangan menggelar seminar tentang mitigasi bencana alam secara tepat demi mendorong peningkatan kesadaran hingga kewaspadaan (awareness) dari pemerintahan daerah, warga serta kadernya terhadap bahaya bencana alam, khususnya gempa bumi dan tsunami.

"Kami mendorong agar awareness untuk potensi bencana alam dan gerakan mitigasi demi mencegah jatuhnya korban lebih besar untuk lebih ditingkatkan," kata Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Sadarestuwati di Gedung Sekolah Partai PDIP di Jalan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis.

PDIP tetap berupaya menjadi partai terdepan untuk turun langsung membantu masyarakat yang terdampak bencana. Selain itu, PDIP juga berusaha memberikan edukasi mengenai antisipasi hingga mitigasi potensi bahaya bencana alam.

"Jangan heran kalau terjadi bencana, bantuan dari partai yang pertama datang itu dari PDIP," kata Sadarestuwati.

Menurutnya, PDIP merupakan partai politik satu-satunya yang memiliki Badan Penanggulangan Bencana sehingga PDIP merupakan partai yang lengkap dalam urusan bantuan ketika masyarakat membutuhkan.

"Bahkan kami punya kapal rumah sakit untuk membantu masyarakat di daerah yang sulit terjangkau oleh paramedis. Makanya, kami persiapkan kapal rumah sakit," tuturnya.

Selain itu, Sadarestuwati juga mengatakan bahwa PDIP mempunyai awak yang lengkap di daerah kabupaten dan kota.

"Kami juga siapkan awak dapur umum sehingga bisa membantu makanan warga ketika terjadi bencana. Bersandingan bersama pemerintah untuk membantu ketika terjadi bencana, khususnya ketika terjadi bencana pertama kali," ujarnya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan PDIP juga tak lupa memberikan edukasi mitigasi bencana lewat aplikasi Media Pintar Perjuangan (MPP) yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

"Sosialisasikan agar masyarakat tahu apa yang perlu dipersiapkan sebelum semuanya terjadi (bencana)," ucapnya.

Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Dwikorita Karnawati yang menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan itu menaruh apresiasi khusus atas perhatian dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri terhadap mitigasi bencana alam di Indonesia.

Dwikorita kerap berdiskusi dengan Megawati soal pencegahan bencana serta pengembangan riset dan teknologi guna mendukung mitigasi bencana.

Dia pun mengaku pernah mendapat saran dari Megawati agar belajar soal penguatan atau pengembangan studi kajian/riset dan teknologi untuk deteksi dini wilayah rawan gempa ke China.

"Bu Megawati Soekarnoputri berkali-kali mengingatkan agar belajar ke China dan kami belajar ke sana soal peringatan gempa bumi. Kami fase eksperimen dengan China. Kami pasang alat pada 250 titik dan sedang kami uji coba. Karena ada beberapa alat yang harus terus diujicobakan," kata Dwikorita.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023