Begadang semalam saja itu ada 30 persen sel natural killer hancur, itu sel kekebalan. Jadi begadang semalam saja imunitas kita menurun, apalagi kalau anak SMA setiap hari harus begadang karena sekolahnya pagi-pagi sekali
Jakarta (ANTARA) - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengatakan bahwa kebijakan sekolah yang mengharuskan siswa untuk masuk sekolah pukul 05.30 pagi bisa berpotensi menurunkan imunitas seorang anak yang masih mengalami pertumbuhan.

“Sebetulnya yang terpenting bagi anak itu adalah kualitas tidur yang cukup,” kata Ketua Pengurus Pusat IDAI Piprim Basarah Yanuarso dalam Konferensi Pers IDI di Jakarta, Kamis.

Menanggapi kebijakan tersebut, Piprim mengingatkan bahwa kualitas tidur sangat mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Idealnya bagi anak-anak yang duduk di bangku SMA saja membutuhkan waktu tidur 7-8  jam sehari.

Piprim mencontohkan jika seorang anak tidur pada awal malam seperti pukul 20.00 dan terbangun pukul 04.00, maka anak tersebut sudah bisa dikatakan mempunyai waktu tidur yang cukup dan akan merasa lebih bugar.

“Tapi masalahnya bisa tidak anak-anak SMA kita sekarang tidur di awal malam? Kalau dia tidurnya jam 12 karena main handphone dulu, lalu besok paginya harus berangkat pagi, kualitas tidurnya hanya berkisar empat jam saja,” katanya.

Baca juga: Kebijakan sekolah pukul 05.30 perlu dikaji ulang demi kepentingan anak

Piprim menyoroti dengan kebiasaan anak yang kini tidak bisa lepas dari gawai akan lebih mempengaruhi kualitas tidur tersebut. Ditambah dengan jam masuk sekolah yang semakin maju, maka dikhawatirkan anak justru lebih banyak memilih untuk begadang.

Jika setiap harinya anak memilih untuk begadang, kata Piprim, maka sekitar 30 persen sel Natural Killer (sel NK) yang bermanfaat sebagai sel pelindung dalam tubuh anak akan hancur, sehingga imunitas seorang anak bisa terganggu.

“Begadang semalam saja itu ada 30 persen sel natural killer hancur, itu sel kekebalan. Jadi begadang semalam saja imunitas kita menurun, apalagi kalau anak SMA setiap hari harus begadang karena sekolahnya pagi-pagi sekali,” katanya.

Dalam kesempatan itu Piprim juga menambahkan hal lain yang harus diperhatikan adalah dukungan sosial di sekitar anak. Ia mengkhawatirkan adanya potensi anak terabaikan karena anggota keluarga lainnya masih tertidur ketika anak membutuhkan sarapan pagi ataupun persiapan keperluan lainnya.

Dengan demikian Piprim berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTT bisa menimbang kembali kebijakan tersebut dengan lebih memperhatikan kesehatan anak-anak.

“Sebenarnya cukup tidak kualitas dan kuantitas tidurnya? Kalau kita cukup tidak ada masalah sebetulnya, karena belajar di pagi-pagi otak lebih fresh asal tidur cukup. Saya kira dukungan sosial dan tidurnya itu yang (harus) cukup,” kata dia.

Baca juga: Kemenkes ingatkan keamanan & gizi siswa yang masuk sekolah jam 5 pagi
Baca juga: DPRD NTT tolak kebijakan soal aktivitas sekolah jam 05:30 pagi
Baca juga: Sekolah pukul 05.30 pagi, KPAI: Perhatikan kesiapan sekolah dan siswa


 

Pewarta: Hreeloita Dharma Shanti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023