Peningkatan angin yang terjadi pada sore hingga malam hari tersebut juga mempengaruhi ketinggian gelombang laut yang mencapai dua meter di perairan Selat Malaka
Banda Aceh (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan potensi angin kencang pada transisi peralihan dari musim penghujan ke musim kemarau di wilayah timur Aceh dalam beberapa hari ke depan.

Prakirawan BMKG Stasiun Malikussaleh, Wiwit Nitasari, di Lhokseumawe, Kamis, mengatakan potensi angin kencang di darat berkisar 20 hingga 24 kilometer per jam. Sedangkan di lautan dapat mencapai 40 kilometer per jam.

"Peningkatan angin yang terjadi pada sore hingga malam hari tersebut juga mempengaruhi ketinggian gelombang laut yang mencapai dua meter di perairan Selat Malaka," kata Wiwit Nitasari.

Ia mengatakan ketinggian gelombang laut mencapai dua meter tersebut cukup berisiko bagi aktivitas nelayan dan pelayaran. Karena itu kepada pelaku pelayaran diminta mewaspadai potensi gelombang tinggi tersebut.

Baca juga: BMKG: Aceh masuki peralihan musim, nelayan kecil diminta tetap waspada

Pesisir timur Aceh, kata dia,  kini sudah memasuki memasuki musim kemarau. Kendati begitu hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang disertai petir dan angin kencang masih berpotensi tersebut.

"Kondisi tersebut terjadi akibat adanya gangguan cuaca yaitu terjadinya pembelokan arah angin hingga mengakibatkan pertumbuhan awan-awan konvektif yang dapat menghasilkan hujan di wilayah timur Aceh," kata Wiwit Nitasari.

Menyangkut titik api di musim kemarau, ia mengatakan sejauh ini dari pantauan BMKG Malikussaleh belum melihat adanya titik api di wilayah timur Aceh

"Namun kami meminta masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Sebab, kebakaran lahan berpotensi terjadi saat musim kemarau seperti sekarang ini," kata Wiwit Nitasari.

Baca juga: BMKG: Aceh mulai musim kemarau, waspada kebakaran hutan dan lahan

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023