Lombok Tengah (ANTARA) - Pebalap Aruba.it Ducati Nicolo Bulega meraih posisi teratas pada sesi free practice pertama (FP 1) World Supersport 2023 di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

WSSP sendiri merupakan balapan pendukung yang levelnya berada di bawah World Superbike (WSBK) dengan kelas dan CC yang lebih rendah.

Bulega dengan mantap berada di depan dua pebalap satu negaranya, yaitu Nicholas Spinelli (VFT Racing Team) dan Stefano Manzi (Ten Kate Racing Yamaha) dengan selisih waktu yang begitu ketat.

Pebalap yang kini memuncaki posisi kejuaraan pebalap (championship standings) itu, mencatatkan waktu 1’39.420, sementara Spinelli dan Manzi masing-masing terpaut +0.259 detik dan +0.535 detik.

Bulega membuktikan diri sebagai yang tercepat, meskipun ia merupakan salah satu pebalap yang terakhir turun ke lintasan. Ia finis di depan pebalap rookie Spinelli dan Manzi, dan hasil tersebut menjadi daftar All-Italians yang tentu saja menarik bagi di sesi FP 1 WSSP kali ini.

Baca juga: Toprak targetkan kemenangan beruntun di WSBK Mandalika

Lebih lanjut, pebalap rookie asal Jerman, Marcel Schroetter (MV Agusta Reparto Corse), berhasil finis di posisi keempat. Pencapaiannya yang terpaut +0.696 detik dari Bulega membuatnya menjadi pebalap MV Agusta dengan posisi tertinggi.

Pada sesi ini, sebelumnya Schroetter telah berkejar-kejaran dengan sengit dengan Spinelli dan Manzi, namun sayang, ia harus puas berada di posisi keempat.

Posisi kelima diduduki oleh Raffaele De Rose (Orelac Racing VerdNatura) yang tertinggal +1.202 detik dari pemimpin daftar FP 1. Sementara pebalap Turki Can Oncu (Kawasaki Puccetti Racing) berada di bawahnya dengan selisih +1.364 detik dari Bulega.

Selanjutnya, pebalap Belanda Glenn van Straalen (EAB Racing Team) berada di urutan ketujuh dengan catatan waktu 1'41.079 di depan Federico Caricasulo (Althea Racing Team) di urutan kedelapan.

Pebalap Prancis Valentin Debise (GMT94 Yamaha), yang melakukan debut WorldSSP pertamanya di Mandalika, berada di urutan kesembilan di depan sesama pebalap Yamaha Jorge Navarro (Ten Kate Racing Yamaha).

Navarro adalah salah satu pebalap pertama yang memimpin di tahap awal sesi.

Baca juga: Bassani: Cuaca panas jadi tantangan tersendiri di WSBK Mandalika 2023
Baca juga: Bautista dan Rinaldi antisipasi trek basah WSBK Mandalika
Baca juga: Rea, Locatelli percaya diri hadapi putaran kedua WSBK 2023

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023