sumber ledakan berasal dari kloset kamar mandi yang diduga adanya indikasi luapan gas
Jakarta (ANTARA) -
Wakapolres Metro Jakarta Timur AKBP Ahmad Fanani Prasetyo menyebut ledakan kloset (WC) di rumah warga Kampung Sumur RT 10/RW 10 Kelurahan Klender, Duren Sawit, Jakarta Timur, Jumat, karena tidak adanya sirkulasi udara pada tangki septik.

"Berdasarkan hasil pengecekan di TKP, sumber ledakan berasal dari kloset kamar mandi yang diduga adanya indikasi luapan gas (metana) dari tangki septik, yang tidak ada pembuangan atau sirkulasi udara," kata Fanani dalam keterangannya, di Jakarta, Jumat.
 
Ledakan kloset itu mengakibatkan seorang wanita paruh baya bernama Eli (57) mengalami luka bakar hingga 50 persen.

Menurut dia, tangki septik itu digunakan untuk tiga rumah kontrakan yang bersebelahan dengan rumah korban.

"Satu 'septic tank'  digunakan tiga petak kontrakan," kata Fanani.

Selain itu, kata dia, berdasarkan keterangan saksi di lokasi, korban Eli diketahui tengah menyalakan pemantik kompor di dapur sebelum  toilet tersebut meledak.
 
"Saksi mendapat keterangan dari korban bahwa ledakan terjadi pada saat korban menyalakan pemantik kompor dan tiba tiba terjadi ledakan dari kloset kamar mandi," paparnya.
 
Suami korban, Kusdoyo (57) mengaku sudah membawa istrinya ke Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit untuk menjalani perawatan karena luka bakar yang dialami.
 
Dia mengatakan, istrinya mengalami luka bakar pada bagian kaki, tangan, dan badan, sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

"Luka bakar sekitar 50 persen," ucapnya.
 
Imbas ledakan tersebut, kloset jongkok kamar mandi rumahnya terangkat dari lantai dasar, sejumlah bagian plafon mengalami kerusakan, dan lantai kamar mandi retak ringan.
 
"Seperti bom saja, (suara) dum begitu. Kerusakan plafon, lantai," ujarnya.
Baca juga: Satpol PP Jakbar tegur warga yang rumahnya tak miliki tangki septik
Baca juga: Pemkot Jakbar terima bantuan 130 tandon air dari PAM Jaya
Baca juga: 96,3 persen KK di Jakarta Barat sudah punya tangki septik layak

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2023