Jakarta (ANTARA) -
Ketua DPR RI Puan Maharani mengecek harga kebutuhan pokok di Pasar Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan, Sabtu, dalam rangka menjelang bulan Ramadhan.

"Saya ingin cek harga-harga kebutuhan pokok sebelum memasuki bulan Ramadhan," kata Puan dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Puan menyambangi sejumlah kios pedagang di Pasar Indralaya, di mana salah seorang pedagang menyampaikan adanya kenaikan harga telur, minyak goreng, dan beras

"Ada kenaikan, Bu, sekarang," kata pedagang sembako bernama Haji Soim.

Baca juga: Ketua DPR tinjau pabrik dan gudang PT Pupuk Sriwidjaja

Puan juga banyak mendapat keluhan dari pedagang dan pembeli di Pasar Indralaya mengenai minyak goreng bersubsidi Minyakita yang hilang dari pasaran.

Mantan menteri koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan itu pun memastikan akan berkoordinasi dengan Pemerintah pusat mengenai permasalahan tersebut. Menurut dia, Pemerintah pusat dan daerah perlu saling berkoordinasi untuk memenuhi ketersediaan minyak bersubsidi.

"Itu juga yang tadi saya pantau, tentu saja saya akan langsung berkomunikasi dengan Pemerintah kenapa di beberapa daerah hilang dari peredaran," ucapnya.

Puan pun menyoroti kondisi sarana dan prasarana di Pasar Indralaya yang menurutnya perlu ditingkatkan, seperti perbaikan jalan di dalam pasar dan drainase atau saluran air yang membuat kondisi pasar becek sehingga cukup mengganggu aktivitas jual-beli.

Baca juga: Puan ajak mahasiswa Unsri jadikan cinta Tanah Air sebagai pengabdian

"Saya rasa perlu pasar ini direhab (direhabilitasi) atau renovasi agar paling tidak menjadi pasar yang lebih bersih, lebih nyaman, dan ini menjadi tugas pemda, walaupun saya juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah pusat agar menjadikan pasar ini lebih layak bagi penjual dan tentu juga untuk masyarakat," jelasnya.

Kunjungan Puan di Pasar Indralaya itu sekaligus menyalurkan bantuan berupa paket beras untuk para pedagang toko, pedagang kaki lima, sopir becak motor, dan masyarakat.

Dia juga membeli sejumlah makanan dan bahan masakan dari pedagang Pasar Indralaya sambil sesekali meladeni permintaan warga yang ingin berfoto bersama.

Baca juga: Ketua DPR RI minta pemda perhatikan stok sembako jelang Ramadhan

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023