Makassar (ANTARA) - Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar dan Dinas Pariwisata kabupaten/kota di Sulsel berkolaborasi gencarkan program berwisata dalam negeri (domestik).

"Ini untuk mendukung program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mengajak masyarakat berwisata dalam negeri," kata Direktur Poltekpar Makassar Drs Muhammad Arifin, M.Pd, CHE di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan pada liburan semester sudah membawa 714 mahasiswa Poltekpar Makassar melakukan aktivitas wisata di dua kabupaten yakni Kabupaten Maros dan Pangkep.

Hal tersebut mendapat apresiasi dari Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno saat berkunjung ke Poltekpar Makassar untuk memberikan kuliah umum.

Menurut Arifin, kegiatan mahasiswa Poltekpar tersebut atas dukungan dan kerja sama dengan Dinas Pariwisata setempat.

Kolaborasi untuk memperkenalkan destinasi wisata dalam negeri menjadi bagian dari peranan mahasiswa Poltekpar Makassar.

Baca juga: Geopark Maros Pangkep resmi masuk UNESCO Global Geopark

Dengan meningkatkan kunjungan ke destinasi dalam negeri dapat mendukung pencapaian target pergerakan 1,4 miliar yang dilakukan wisatawan nusantara 2023 sesuai yang dipaparkan Menaprekraf saat memberikan kuliah umum di Poltekpar.

Adapun destinasi unggulan Dinas Pariwisata Kabupaten Maros adalah kawasan Geopark dan karst Rammang-Rammang yang sudah tercatat di UNESCO.

Selain itu, terdapat Kawasan Wisata Alam Bantimurung yang memiliki air terjun dan penangkaran kupu-kupu endemik.

Menurut Kadis Pariwisata Kabupaten Maros Ferdiansyah pada keterangan terpisah menyebutkan, kedua destinasi wisata itu yang paling banyak dikunjungi baik wisatawan dalam dan luar negeri.

Sementara destinasi wisata andalan Kabupaten Pangkep diantaranya Taman Wisata Alam Sumpangbita dan Permanadian Alam Mattampa.

Baca juga: PLN hadirkan perahu listrik dukung Geopark Maros jadi warisan dunia
Suasana aktivitas mahasiswa Politeknik Pariwisata Makassar di Makassar. Antara/ Suriani Mappong

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2023