dalam pembangunan SDM ini kita harus lakukan upgrade, upscaling, update, baik dari segi keahlian, pengetahuan, dan sikap yang menjadi modal
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meluncurkan Corporate University (CorpU) sebagai komitmen dalam mewujudkan kompetensi sumber daya manusia (SDM).

Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto mengatakan, SDM menjadi kunci tercapainya suatu tujuan strategis dari sebuah instansi. Menurutnya, SDM bukan hanya aset, tetapi harus masuk ke dalam human capital management system yang terus dikembangkan.

"Oleh sebab itu, bahwa dalam pembangunan SDM ini kita harus lakukan upgrade, upscaling, update, baik dari segi keahlian, pengetahuan, dan sikap yang menjadi modal," ujar Hadi melalui keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, Kementerian ATR/BPN memiliki tugas dalam menyelesaikan 2.000 Rencana Detail Tata Ruang (RDTR). Untuk itu, Hadi mengimbau agar jajaran di daerah segera membantu pemerintah agar segera memiliki RDTR sehingga Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR)-nya bisa dikeluarkan dengan cepat apabila investor datang.

"Bagaimana caranya, seluruh Kakantah (Kepala Kantor Pertanahan) diberikan tambahan kompetensi, yaitu ilmu tata ruang. Oleh sebab itu, nanti silakan Pak Sekjen diberikan tambahan kompetensi terkait tata ruang, karena tidak semua personel yang ada di BPN mengetahui tentang tata ruang," ucap Menteri ATR/Kepala BPN.

Hadi mengatakan, keberadaan ATR/BPN Corporate University menjadi salah satu strategi kementerian dalam menyelesaikan permasalahan strategis untuk mengembangkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal tersebut dilakukan melalui pendekatan learning organization serta dilaksanakan secara sistematis dan menyeluruh. Selain itu, ATR/BPN Corporate University dipandang menjadi bagian dari Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang dilaksanakan dalam lingkup intra pemerintahan.

Terkait pengembangan SDM dan peningkatan kinerja, Menteri ATR/Kepala BPN berpesan kepada para Direktur Jenderal agar segera menganalisa kompetensi pegawai serta peningkatan kinerja untuk kemudian dibangun metode pengembangan kompetensi pegawai yang dibutuhkan. Dengan demikian, visi dari pemerintah yang dilaksanakan kementerian benar-benar bisa dilaksanakan tanpa ada jarak.

"Kemudian kepada Kakanwil (Kepala Kantor Wilayah) dan Kakantah, pesan saya sebagai pengelola SDM di wilayah masing-masing, Bapak/Ibu harus dapat memimpin dan memastikan kompetensi pegawai termasuk keahlian, pengetahuan, dan sikapnya serta nilai-nilai Kementerian ATR/BPN terimplementasi dengan baik. Jika masih ditemukan adanya gap kompetensi dan pencapaian kinerja rendah di wilayah Bapak/Ibu, segera dicarikan solusinya untuk pengembangan kompetensi pegawai," katanya.

Hadi berharap, seluruh jajaran mampu berperan menjadi pemimpin dan guru dalam mendukung program learning organization. Dia meyakini, organisasi Kementerian ATR/BPN akan menjadi lebih baik dalam mewujudkan kesadaran strategi jika mampu mengelola SDM secara profesional.

"Saya berharap dengan adanya CorpU kita akan mampu mendukung percepatan pencapaian visi dan misi Kementerian ATR/BPN dalam rangka proses belajar berkelanjutan sepanjang karier pegawai," ujar Hadi.

CorpU adalah strategi pembelajaran baru yang berdampak langsung pada peningkatan kinerja yang merupakan salah satu bentuk pengembangan talenta ASN dari dimensi kompetensi. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 3 Tahun 2020 tentang Manajemen Talenta ASN.

Peluncuran CorpU juga mengenalkan pakaian dinas upacara beserta emblem kelengkapannya oleh Menteri ATR/Kepala BPN. Nantinya, pakaian ini dapat dipakai apabila ada undangan dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menghadiri upacara kebesaran atau apabila ada pengambilan serah terima jabatan.

Selain itu, dilakukan pula penyerahan draf naskah akademik Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) dan buku program pengembangan kompetensi oleh Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni yang didampingi Kepala PPSDM Kementerian ATR/BPN Agustyarsyah kepada para Direktur Jenderal atau yang mewakili.


Baca juga: Menteri ATR/BPN terima laporan hasil pemeriksaan dari BPK
Baca juga: Menteri ATR/BPN: Reforma Agraria wujudkan kesejahteraan rakyat
Baca juga: Kementerian ATR/BPN komitmen perbaiki tata kelola aplikasi Blanko

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023