Kekhawatiran pasokan yang membantu harga minyak lebih tinggi semalam kemungkinan besar berasal dari komentar CEO Chevron bahwa 'tidak banyak kapasitas ayunan' di pasar minyak
Singapura (ANTARA) - Harga minyak naik tipis di awal perdagangan Asia pada Selasa pagi, setelah eksekutif industri mengisyaratkan kekhawatiran tentang terbatasnya kapasitas cadangan di pasar dan ketidakpastian atas pasokan Rusia, sementara permintaan dari importir minyak mentah utama China mulai pulih.

Minyak mentah berjangka Brent telah menguat 40 sen atau 0,5 persen, menjadi diperdagangkan di 86,58 dolar AS per barel pada pukul 01.54 GMT setelah menetap 0,4 persen lebih tinggi pada Senin (6/3).

Minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS terangkat 30 sen atau 0,4 persen, menjadi diperdagangkan di 80,76 dolar AS per barel, menyusul kenaikan 1,0 persen di sesi sebelumnya.

Harga Brent berada di jalur kenaikan untuk sesi keenam berturut-turut, kenaikan terpanjang sejak Mei 2022, didukung oleh harapan pemulihan permintaan China dan karena kapasitas penyulingan baru di Asia dan Timur Tengah sedang ditingkatkan, memproses lebih banyak minyak mentah.

"Kekhawatiran pasokan yang membantu harga minyak lebih tinggi semalam kemungkinan besar berasal dari komentar CEO Chevron bahwa 'tidak banyak kapasitas ayunan' di pasar minyak," kata analis Commonwealth Bank of Australia Vivek Dhar dalam sebuah catatan.

"Kunci yang tidak diketahui untuk tahun 2023 adalah gangguan terhadap ekspor minyak dan produk olahan Rusia."

Kepala eksekutif Chevron Corp Mike Wirth mengatakan kapal yang membawa minyak mentah dan produk Rusia sekarang harus menempuh jarak yang lebih jauh untuk mencapai pasar yang tidak dikenai sanksi sementara persediaan minyak dan pasokan terbatas, membuat pasar global rentan terhadap gangguan pasokan yang tidak terduga.

Para pedagang sangat menunggu data perdagangan minyak China untuk Januari dan Februari pada Senin (6/3/2023) malam, mencari sinyal pemulihan permintaan setelah Beijing mencabut kontrol pandemi akhir tahun lalu.

Di AS, laporan persediaan minyak mentah dan produk olahan minggu ini diperkirakan menunjukkan penurunan untuk minggu lalu, sebuah jajak pendapat awal Reuters menunjukkan pada Senin (6/3).

Laporan mingguan dari American Petroleum Institute (API), sebuah kelompok industri, dijadwalkan pada pukul 16.30 waktu setempat (21.30 GMT) pada Selasa, dan pada Rabu pukul 10.30 (15.30 GMT) dari Badan Informasi Energi AS.

Baca juga: Minyak naik ditopang keterbatasan pasokan dan harapan permintaan China

Baca juga: Minyak turun di Asia terkait prospek China, fokus kesaksian Powell

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023